7 Langkah Menciptakan Ide Bisnis.


Ide bisnis yang bagus dihasilkan dari imajinasi yang dipadukan kepekaan akan kebutuhan pasar. Ide bisnis tidak selalu harus benar- benar baru. Sering kali, kita cukup hanya megembangkan produk/ jasa yang ada menjadi lebih baik lagi. Inilah 7 langkah menciptakan ide bisnis



1. Buatlah daftar yang berisi 20 hal yang orang pakai atau kebutuhan setiap hari. Contohnya: makanan, minuman, listrik, rumah, kendaraan, telepon, sarana komunikasi, pakaian dan hiburan.



2. pikirkan cara agar orang dapat menggunakan hal- hal tadi dengan lebih nyaman dan lebih mudah. Tuliskan ide- ide anda supaya orang dapat memperoleh hal- hal tadi dengan lebih mudah.



3. perhatikan daftar yang dapat anda buat, adakah dari antara daftar tersebut yang dapat di gabungkan untuk membuat sesuatu lebih cepat, lebih nyaman, contoh makanan di gabungkan dengan mobil yang akan menghasilkan resto drive in.



4. buatlah daftar yang 50,24,10, tahun lalu belum ada. Lakukan analisa dan perhatikan kecendurang tren terhadap saat ini. Perhatikan bisnis yang sukses selalu memperhatikan cara yang peling cepat dan aman dan lebih baik.



5. lihat apa keahlian / keterampilan yang anda miliki. Tulis hal-hal yang menjadi kemahiran anda dan yang ijngin anda pelajari.



6. kembinasikan produk barang atau jasa yang ada di daftar anda dengan pengalaman / keahlian yang anda miliki tadi. Lalu tuliskan ide bisnis anda yang baru. Temukan tren bisnis yang sedang banyak di minati orang saat ini dipasaran dengan membaca judul-judul bukku yang tegah popular.



7. lakukan riset dan surpey tentang kemungkinan adanya adanya cerkuk pasar serta peluang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan ide bisnis anda.



Yang harus anda ingat ;





  • Fokuskan ide. Ini dapat di lakukan asalkan anda memiliki target pasar yang memiliki kebutuhan spesifik.
  • Analisa dan perhatikan bisnis-bisnis yang gagal berkembang untuk menemukan adanya ide baru lainnya. Bisnis yang gagal biasanya akan meninggalkan peluang pasar atau target konsumen tertentu yang luput, mereka perhatikan. Inilah yang harus anda isi dengan ide bisnis baru anda.



Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi