Motivasi Kerja Sangat Penting Buat Pekerja.

Motivasi kerja adalah suatu dorongan jiwa yang membuat seseorang tergerak maju untuk melakukan tindakan (action) yang produktif, baik yang berorientasi kerja untuk menghasilkan uang maupun dalam bentuk motivasi kerja yang lain.

Motivasi kerja yang dimiliki seorang pekerja berbeda-beda . Ada pekerja yang selalu terlihat semangat bekerja karena menginginkan kenaikan gaji atau promosi jabatan, ada pekerja yang berkerja dengan semangat kerena termotivasi sesuatu hal yang ingin diraihnya bila ia sudah bisa mengumpulkan dana dari tempat ia bekerja nantinya, hal tersebut tentunya wajar-wajar saja.

Motivasi kerja pun bisa naik-turun. Tidak selamanya kegairahan dalam bekerja bisa terus berada pada titik maksimal. Kadangkala, seorang pekerja dapat mengalami penurunan kinerja karena kejenuhan dalam bekerja, atau bisa saja karena pebagai permasalahan yang dia hadapi baik dari dalam tempat ia bekerja maupun dari permasalahan yang terjadi diluar pekerjaannya atau kita sebut terjadi masalah pribadi sendiri yang tidak ada sangkut pautnya dengan tempa ia bekerja.


Anda bisa lakukan cara-cara berikut, agar kegairahan atau semangat anda dalam bekerja dapat tetap terjaga dengan semangat:

  1. Anda harus memiliki visi dalam hidup untuk memotivasi diri. Visi tersebut berupa gambaran akan kondisi yang lebih baik dari sekarang, menyenangkan, kebahagiaan lahir-batin. Jika kita memiliki cita-cita, tentunya kita akan senantiasa berusaha mewujudkannya.
  2. Buatlah harapan, susunlah perencanaan yang baik, tukiskan target-target Anda. Jika kita mempunyai ambisi seperti itu, maka kita pun akan senantiasa terdorong untuk bekerja dengan lebih baik lagi dan berprestasi.
  3. Penuhi hari- hari anda dengan kata- kata motivasi, disaat anda mulai atau saat bekerja selalu isi hati dan pikiran anda dengan kata- kata penggungah semangat, agar supada anda tetap semangat, sabar, dan kreatif dalam mengerjakan setiap pekerjaaan.


Komunikasi dengan Teman atau Keluarga

Jika ada permasalahan yang mengganggu, sebaiknya komunikasikan dengan teman atau kerabat dekat. Orangtua atau istri Anda bisa menjadi teman berbagi. Kadangkala, kerumitan yang ada dalam pikiran kita bisa segera terpecahkan jika ada seseorang yang memberikan sumbang saran dan motivasi. Bisa jadi, perspektif berpikir Anda akan terbuka karena istri atau orang yang Anda curhati.

Ikuti Seminar-seminar Pengembangan diri dan mental.

Banyak sekali seminar-seminar pemberdayaan diri yang bisa kita sambangi. Mulai dari seminar entrepeneurship, internet marketing, motivasi dan kepribadian. Para trainer tersebut akan menulari kita dengan gairah dan motivasi, sehingga kita akan terinspirasi serta tergerak untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Lakukan Outbond
Salah satu yang cukup efektif untuk mengusir kejenuhan dan meningkatkan gairah kerja adalah dengan outbond. Agendakan dengan atasan dan rekan kerja untuk melakukan kegiatan tersebut. Dengan adanya kegiatan outbond, akan mencairkan batasan mental antara atasan-bawahan atau sesama rekan kerja.

Agendakan Aktivitas di Luar Kantor yang Menggairahkan.

Coba agendakan juga acara yang dapat diikuti oleh rekan-rekan sekerja. Makan malam atau olahraga misalnya. Hal itu akan menambah keakraban sesama. Tentunya dengan keakraban di antara teman sekantor, akan membuat kenyamanan dalam bekerja.

Sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan motivasi kerja, ada beberapa poin penting dari Jansen H. Sinamo, yang disebut-sebut sebagai Bapak Etos Indonesia, mengenai etos kerja.

8 etos kerja dari Jansen H. Sinamo:

* Kerja adalah rahmat:

Bekerja dengan tulus dan penuh rasa syukur

* Kerja adalah Amanah:

Bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab
* Kerja adalah Panggilan:

Bekerja tuntas penuh integritas

* Kerja adalah Aktualisasi Diri:

Bekerja keras penuh semangat

* Kerja adalah Ibadah:

Bekerja dengan serius penuh kecintaan

* Kerja adalah Seni:

Bekerja cerdas penuh kreativitas

* Kerja adalah Kehormatan:

Bekerja tekun penuh keunggulan

* Kerja adalah Pelayanan:

Bekerja sempurna penuh kerendahan hati
Tentang Penulis: AsianBrain.com Content Team.

Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi