Pengertian Mesothelioma.

Mesothelioma adalah suatu bentuk kanker yang hampir selalu disebabkan oleh paparan sebelumnya asbes. Dalam penyakit ini, sel-sel ganas berkembang dalam mesothelium, lapisan pelindung yang menutupi sebagian besar organ tubuh. Yang paling sering adalah pleura (lapisan luar paru-paru dan dinding dada internal), tetapi mungkin juga terjadi di peritoneum (selaput rongga perut), perikardium (suatu kantung yang mengelilingi jantung) atau tunika vaginalis.

Kebanyakan orang yang mengembangkan mesothelioma telah bekerja pada pekerjaan di mana mereka menghirup partikel asbes, atau mereka telah terkena debu dan serat asbes dengan cara lain. Mencuci pakaian anggota keluarga yang bekerja dengan asbes juga dapat membuat seseorang pada risiko mengalami mesothelioma [rujukan?]. Tidak seperti kanker paru-paru, tidak ada hubungan antara mesothelioma dan merokok. [1] Kompensasi melalui dana asbes atau tuntutan hukum merupakan masalah penting dalam mesothelioma (lihat asbes dan hukum).
Gejala mesothelioma mencakup sesak napas karena efusi pleura (cairan antara paru-paru dan dinding dada) atau dinding dada nyeri, dan gejala umum seperti penurunan berat badan. Diagnosis dapat diduga dengan sinar-X dada dan CT scan, dan dikonfirmasi dengan biopsi (sampel jaringan) dan pemeriksaan mikroskopis. Sebuah thoracoscopy (memasukkan sebuah tabung dengan kamera ke dada) dapat digunakan untuk mengambil biopsi. Hal ini memungkinkan masuknya zat-zat seperti bedak untuk melenyapkan ruang pleura (disebut pleurodesis), yang mencegah lebih cair dari mengumpulkan dan menekan pada paru-paru. Meskipun pengobatan dengan kemoterapi, terapi radiasi atau kadang-kadang operasi, penyakit membawa prognosis yang buruk. Penelitian tentang tes skrining untuk deteksi dini mesothelioma sedang berlangsung.

Pingin tahu lebih dalam tentang mesothelioma cancer lihat di





0 comments:

Post a Comment