Asas dan Tujuan Perlindungan Konsumen


 Pasal 2 UUPK mengisyaratkan agar perlindungan konsumen diselenggarakan sebagai usaha bersama berdasarkan atas 5(lima) asas yang relevan dalam pembangunan nasional :
o   Asas manfaat : yang mengamanatkan agar segala upaya dalam penyelenggaraan perlindungan konsumen harus memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kepentingan konsumen dan pelaku usaha secara keseluruhan.
o   Asas Keadilan : dimaksudkan agar partiipasi masyarakat dapat diwujudkan secara maksimal dan memberikan kesempatan kepada konsumen dan pelaku usaha untuk memperoleh haknya dan melaksanakan kewajiban secara adil;
o   Asas keseimbangan : untuk memberikan keseimbangan antara kepentingan konsumen, pelaku usaha, dan pemerintah  dalam arti materiil ataupun spritual;
o   Asas keamanan dan keselamatan konsumen : dimaksudkan untuk memberikan jaminan keamanan dan keselamatan kepada konsumen dalam penggunaan, pemakaian, dan pemanfaatan barang dan/atau jasa yang dikonsumsi atau digunakan.
o   Asas kepastian hukum : baik pelaku usaha maupun konsumen menaati hukum dan memperoleh keadilan dalam penyelenggaraan perlindungan konsumen, serta negara menjamin kepastian hukum.
v Pasal 3 UUPK menegaskan tujuan perlindungan konsumen sebagai berikut :
o   Meningkatkan kesadaran, kemampuan, dan kemandirian konsumen untuk melindungi diri;
o   Mengangkat harkat dan martabat konsumen dengan cara menghindarkannya dari ekses negatif pemakaian barang dan/atau jasa;
o   Meningkatkan pemberdayaan konsumen dalam memilih, menentukan, dan menuntut hak-haknya sebagai konsumen.
o   Menciptakan unsur perlindungan konsumen yang mengandung unsur kepastian hukum dan keterbukaan informasi serta akses untuk mendapatkan informasi;
o   Menumbuhkan kesadaran pelaku usaha mengenai pentingnya perlindungan konsumen sehingga tumbuh sikap yang jujur dan bertanggung jawab dalam berusaha;
o   Meningkatkan kualitas barang dan/atau jasa yang menjamin kelangsungan usaha produksi barang dan/atau jasa, kesehatan, kenyamanan, keamanan, dan keselamatan konsumen.






0 comments:

Post a Comment