Contoh Kesimpulan dan Saran


KESIMPULAN DAN SARAN

A.    Kesimpulan
Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang telah dikemukakan pada BAB IV, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1.      Gambaran pengunjung remaja dan dewasa ke objek wisata Pantai Pangandaran itu berdasarkan adanya motivasi untuk memenuhi kebutuhan fisiologis, rasa aman, rasa cinta dan memiliki, harga diri, dan perwujudan diri.
2.      Gambaran motivasi pengunjung remaja ke objek wisata Pantai Pangandaran itu berdasarkan kebutuhan-kebutuhan, yaitu :
a.       Untuk kebutuhan fisiologis diperoleh nilai persentase sebesar 87,5%, dengan memiliki kriteria motivasi yang tinggi. Artinya kecenderungan pengunjung remaja untuk memenuhi kebutuhan fisiologis itu sangat tinggi, hal itu tercermin dengan perolehan nilai persentase 87,5%.
b.      Untuk kebutuhan rasa aman diperoleh nilai persentase sebesar 68,5%, dengan memiliki kriteria motivasi yang sedang. Artinya kecernderungan pengunjung remaja untuk memenuhi kebutuhan rasa aman itu biasa-biasa saja tidak terlalu tinggi, hal itu biasa digambarkan dengan perolehan nilai persentase sebesar 68,5%.
c.       Untuk kebutuhan rasa cinta dan memiliki diperoleh persentase sebesar 59,1%, dengan memiliki kriteria motivasi yang sedang. Kecenderungan pengunjung untuk memenuhi kebutuhan rasa cinta sama halnya dengan kebutuhan sebelumnya yaitu kebutuhan rasa aman dengan perolehan nilai persentase sebesar 59,1%.
d.      Untuk kebutuhan harga diri diperoleh nilai persentase sebesar 60%, dengan memiliki kriteria motivasi yang sedang. Artinya kecenderungan pengunjung  remaja untuk memenuhi kebutuhan harga diri motivasinya biasa-biasa saja, hal ini tercermin dengan perolehan nilai persentase 60%.
e.       Untuk kebutuhan perwujudan diri diperoleh nilai persentase sebesar 87,7%, dengan memiliki kriteria  motivasi yang sedang. Sama halnya dengan kebutuhan harga diri, kebutuhan perwujudan diri ini juga memiliki motivasi yang biasa-biasa saja. Hal ini digambarkan dengan perolehan nilai persentase sebesar 87,7%.
3.      Gambaran motivasi pengunjung dewasa ke objek wisata Pantai Pangandaran itu berdasarkan kebutuhan-kebutuhan, yaitu :
a.       Untuk kebutuhan fisiologis diperoleh persentase sebesar 77,5%, dengan memiliki kriteria motivasi yang tinggi. Artinya kecenderungan pengunjung untuk memenuhi kebutuhan fisiologis motivasinya tinggi, karena dapat digambarkan dengan perolehan nilai persentase sebesar 77,5%.
b.      Untuk kebutuhan rasa aman diperoleh nilai persentase sebesar 57,4%, dengan memiliki kriteria motivasi yang sedang. Artinya kecernderungan pengunjung remaja untuk memenuhi kebutuhan rasa aman motivasinya sedang, hal ini dapat dilihat perolehan nilai persentase yaitu sebesar 57,4%.
c.       Untuk kebutuhan rasa cinta dan memiliki diperoleh persentase sebesar 58,7%, dengan memiliki kriteria motivasi yang sedang. Kecenderungan pengunjung untuk memenuhi kebutuhan rasa cinta dan memiliki motivasinya sedang, hal ini dapat digambarkan dengan perolehan nilai persentase sebesar 58,7%.
d.      Untuk kebutuhan harga diri diperoleh nilai persentase sebesar 57,5%, dengan memiliki kriteria motivasi yang sedang. Artinya kecenderungan pengunjung  dewasa untuk memenuhi kebutuhan harga diri motivasinya sedang, hal ini dapat digambarkan dengan perolehan nilai persentase sebesar 57,5%.
e.       Untuk kebutuhan perwujudan diri diperoleh nilai persentase sebesar 56,7%, dengan memiliki kriteria motivasi yang sedang. Sama halnya dengan kebutuhan harga diri, kebutuhan perwujudan diri ini juga memiliki motivasi yang sedang dengan perolehan nilai persentase sebesar 56,7%.
4.      Hasil persentase gabungan/keseluruhan dari tiap-tiap komponen kebutuhan pengunjung remaja adalah sebagai berikut :
a.       Untuk kebutuhan fisiologis dengan skor aktual 175 dan jumlah skor ideal 1500 diperoleh nilai persentase sebesar 11,6%, artinya kecenderungan pengunjung untuk memenuhi kebutuhan fisiologisnya adalah sebesar 11,6%.
b.      Untuk kebutuhan rasa aman dengan skor aktual 241 dan jumlah skor ideal 1500 diperoleh nilai persentase sebesar 16,0%, artinya  kecenderungan pengunjung untuk memenuhi kebutuhan rasa aman adalah sebesar 16,0%.
c.       Untuk  kebutuhan rasa cinta dan memiliki dengan skor aktual 266 dan jumlah skor ideal 1500 diperoleh nilai persentase sebesar 17,6%, artinya kecenderungan pengunjung untuk memenuhi kebutuhan rasa cinta dan memiliki adalah sebesar 17,7%.
d.      Untuk kebutuhan harga diri dengan skor aktual 120 dan jumlah skor ideal 1500 diperoleh nilai persentase sebesar 8%, artinya kecenderungan pengunjung untuk memenuhi kebutuhan harga diri adalah sebesar 8%.
e.       Untuk kebutuhan perwujudan diri dengan skor aktual 173 dan jumlah skor ideal 1500 diperoleh nilai persentase sebesar 11,5%, artinya kecenderungan pengunjung untuk memenuhi kebutuhan rasa aman adalah sebesar 11,5%.
5.      Hasil persentase gabungan/keseluruhan dari tiap-tiap komponen kebutuhan pengunjung dewasa adalah sebagai berikut :
a.       Untuk kebutuhan fisiologis dengan skor aktual 155 dan jumlah skor ideal 1500 diperoleh nilai persentase sebesar 10,3%, artinya kecenderungan pengunjung untuk memenuhi kebutuhan fisiologisnya adalah sebesar 10,3%.
b.      Untuk kebutuhan rasa aman dengan skor aktual 201 dan jumlah skor ideal 1500 diperoleh nilai persentase sebesar 13,4%, artinya  kecenderungan pengunjung untuk memenuhi kebutuhan rasa aman adalah sebesar 13,4%.
c.       Untuk  kebutuhan rasa cinta dan memiliki dengan skor aktual 264 dan jumlah skor ideal 1500 diperoleh nilai persentase sebesar 17,6%, artinya kecenderungan pengunjung untuk memenuhi kebutuhan rasa cinta dan memiliki adalah sebesar 17,6%.
d.      Untuk kebutuhan harga diri dengan skor aktual 115 dan jumlah skor ideal 1500 diperoleh nilai persentase sebesar 7,6%, artinya kecenderungan pengunjung untuk memenuhi kebutuhan harga diri adalah sebesar 7,6%.
e.       Untuk kebutuhan perwujudan diri dengan skor aktual 170 dan jumlah skor ideal 1500 diperoleh nilai persentase sebesar 11,3%, artinya kecenderungan pengunjung untuk memenuhi kebutuhan rasa aman adalah sebesar 11,3%.
6.      Gambaran mengenai perbedaan kebutuhan antara pengunjung remaja dan dewasa adalah sebagai berikut :
a.       Untuk kebutuhan fisiologis T hitung (0,06) dan T tabel (1,67), maka Ho ditolak karena T hitung (0,06) ≤ T tabel (1,67). Artinya ada perbedaan yang berarti atau signifikan antara kebutuhan  fisiologis pengunjung remaja dan dewasa.
b.      Untuk kebutuhan rasa aman T hitung (0,03) dan T tabel (1,67), maka Ho ditolak karena T hitung (0,03) ≤ T tabel (1,67). Artinya ada perbedaan yang berarti atau signifikan antara kebutuhan  rasa aman pengunjung remaja dan dewasa.
c.       Untuk kebutuhan rasa cinta dan memiliki T hitung (0,01) dan T tabel (1,67), maka Ho ditolak karena T hitung (0,01) ≤ T tabel (1,67). Artinya ada perbedaan yang berarti atau signifikan antara kebutuhan  rasa cinta dan memiliki pengunjung remaja dan dewasa.
d.      Untuk kebutuhan harga diri T hitung (1,05) dan T tabel (1,67), maka Ho ditolak karena T hitung (1,05) ≤ T tabel (1,67). Artinya ada perbedaan yang berarti atau signifikan antara kebutuhan harga diri pengunjung remaja dan dewasa.
e.       Untuk kebutuhan perwujudan diri T hitung (0,88) dan T tabel (1,67), maka Ho ditolak karena T hitung (0,88) ≤ T tabel (1,67). Artinya ada perbedaan yang berarti atau signifikan antara kebutuhan perwujudan diri pengunjung remaja dan dewasa.

B.     Saran
Dari beberapa kesimpulan  yang telah di sajikan dalam penelitian ini, maka saran dari penulis antara lain sebagai berikut :
1.      Agar pihak pengelola objek wisata Pantai Pangandaran dapat memelihara dan meningkatkan pelayanan kepada pengunjung, sehingga objek wisata Pantai Pangandaran lebih maju lagi dapat hal peningkatan jumlah pengunjung dan hendaknya pengelola memperhatikan kebutuhan-kebutuhan pengunjung lainnya.
2.      Bagi para pengunjung diharapkan agar memperhatikan segala peraturan yang ada dan ikut menjaga kelestarian lingkungan di objek wisata Pantai Pangandaran dengan demikian objek wisata Pantai Pangandaran tetap bersih, aman, nyaman, sejuk dan segar bagi pengunjung.


















0 comments:

Post a Comment