Fungsi keuangan Dalam Perusahaan

Tujuan pcrusahaan adalah sama dengan tujuan pemilik perusahaan yaitu mencari laba. Oleh scbab ilu, perusahaan disebut organisasi pencan laba (proJ'it seeking oiyunizalion). Ciri khusus perusahaan ialah semua orang '..ang mclibatkan diri dalam kegiatan harus berpikir peng-hematan biaya dan memaksimumkap pendapatan, agar perusahaan dapat mcmpcroleh laba untuk memaksimumkan kekayaan pi iniliknya, kesejahteraan karyawannya, dan untuk me-ngembangkan kcgialannya. Untuk mewujudkan laba, semua kegiatan harus diukur dengan satuan uang. maka fungsi keuangan rFenjadi pusat pembahasan yang penting. Fungsi keuang-an suatu perusahaan adalah:  

1.       Modal harus dicari dari sumber-sumbcr luar dengan biaya yang semurah-tnurahnya dan dialokasikan untuk berbagai ke,,iaian bisnis secara efektif, ensien, produktif, dan menguntungkan.
2.       Arus uang dalam operasi perusahaan hams dicatat, aiau harus mempiinyai sisleni akunlansi yang lepal guna, agar kegiatan bisnis dapat disajikan dalani laporan keuangan Ij'inuiicial staieineiit) yang tcpat waktu, lepat guna, dan akural
3.       Mcnibci i iinbalan kcpada peniilik siinibcr-sunibfr kcuangan, dibcrikan dalam bcniuk laba, dividen, bunga, pembayaran kembali utang dan modal.

Unluk melaksanakan fungsi keuangan, manajcr keuangan harus berhubungan crat de-ng.in pa.sar kcuangan: lcinbaga keuangan pcrbankan dan non-bank (pcrusahaan asuransi, dana ptfnsiun, daii scbagainya.). Manajer kcuangan liarus mengelahui dan tHtfnialiami perilaku pasar keiiangan untuk: (1) kcpcntingaii kelancaran ktfgiaian optfrasi pcrusahaan, (2) intfiiniykalkaii kckayaan pcnicgang saham, yaitu mcningkatkan pcndapalan per saham biasa dalarn jangka panjang.

Di samping rnemaksimumkaii kekayaan pemilik perusahaan, manajer keuanganjuga ha-rus memiliki tanggnngjawab sosial, yailu nicmbanlu mtfningkatkan kcscj.ilitcraan masyarakal di sckilar lingkungan perusahaan dengan cara membcrikan berbagai bantuan dana untuk pcr-baikan lingkungan sosial. Di samping ilu, inanajcr keuangan juga harus meinbtfri kepuasan kcpada semua piliak yang melibatkan diri dalani kegiaian pcrusahaan, yaitu nicmberi kcpuasaan kepada karyawan dcngan incmberi inibalan yang lay;ik, intfinbcri kcpua.san kcpada krfdilur dengan melaksanakan kewajibannya tepat waktu, memberi kcpuasaan kepada pemcrii-iiah yai-tu sebagai pcinbayar pajak yang baik, dan mcmberi kepuasan kcpada pcmilik yailu mampu nitfmpcrolcli kcuiilung.iii yang inaksimiini.


0 comments:

Post a Comment