Media penyimpanan data (data storage)


Media penyimpanan data (data storage) sejak komputer tercipta mengalami perkembangan sangat signifikan. Perbandingan yang menyolok dimana 1 DVD setara dengan 90.000.000 punch card. Punch card sejak tahun 1972 telah dirancang sebagai media untuk menyimpan data yang diperkenalkan oleh seorang tokoh bernama Basile Bouchon mengunakan sebuah kertas berforasi untuk menyimpan pola yang digunakan pada kain. Selanjutnya dipatenkan oleh Herman Hollerith untuk penyimpanan data sejak 23 September 1884. Piranti penyimpanan mencakup dua bagian, media penyimpanan itu sendiri dan piranti untuk membaca atau menulis ke media tersebut. Adapun beberapa jenis media penyimpanan adalah sebagai berikut;
1.       Punch Tape
Alexander Bain merupakan orang yang pertama kali mengetahui penggunaan paper tape yang biasanya digunakan untuk mesin faksimili dan mesin telegram. Setiap baris tape menampilkan satu karakter namun karena dapat membuat fanfold dengan mudah maka dapat menyimpan beberapa data secara signifikan menggunakan punch tape dibandingkan dengan punch card.
2.       Selectron Tube
Pada tahun 1946 RCA mulai mengembangkan selectron tube yang merupakan awal format memori komputer dan selectron tube terbesar berukuran 10 inci dapat menyimpan 4096 bits. Harga sebuah tabung sangat mahal dan umurnya dipasaran sangat pendek.
3.       Magnetic Tape
IBM yang pertama kali mengunakan magnetic tape pada tahun 1950-an untuk menyimpan data. Ketika itu rol magnetic tape dapat menyimpan data setara dengan 10.000 punch card, membuat magnetic tape sangat popular sebagai cara menyimpan data komputer hingga pertengahan tahun 1980-an. Sebagai secondary memory, magnetic tape dipakai juga untuk alat input/output dimana informasi dimasukkan ke CPU dari tape dan informasi diambil dari CPU lalu disimpan pada tape lainnya. Data disimpan dalam bintik kecil yang bermagnit dan tidak tampak pada bahan plastik yang dilapisi ferroksida. Digunakan sebagai sarana backup data dengan alasan merupakan piranti yang pertama muncul untuk membackup data, sehingga orang sudah terbiasa menggunakannya. Kapasitas pita magnetic bisa mencapai 66 Gb dan dapat dikompresi sehingga menjadi ratusan Gb. Jenisnya terdiri dari Reel Tape dan Tape Cartridge. Media penyimpanannya disebut magnetic tape sedangkan alat untuk membaca dan menulisnya magnetic drive.
4.       Compact cassette
Compact cassette merupakan salah satu bagian dari magnetic tape, yang diperkenalkan oleh Philips pada tahun 1963, Komputer ZX Spectrum, Commodore 64 dan Amstrad CPC menggunakan kaset untuk menyimpan data. Untuk standar 90 menit compact cassette dapat menyimpan sekitar 700 Kb hingga 1 Mb dari setiap sisinya.
5.       Magnetic Drum
Magnetic drum memiliki panjang 16 inci yang bekerja 12.500 putaran tiap menit. Media ini digunakan untuk menunjang komputer IBM 650 sekitar 10.000 karakter dari memori utama.
6.       Floppy Disk
Diciptakan agar memudahkan data dapat dipindahkan dari suatu komputer ke komputer lainnya. Pada tahun 1969, floppy disk pertama kali diperkenalkan, yang diawalnya hanya bisa membaca saja (read-only) sehingga data tersimpan tidak dapat dimodifikasi maupun dihapus. Dengan ukuran 8 inchi dapat menyimpan data 80 Kb, generasi selanjutnya dapat menyimpan data 256 Kb serta memiliki kemampuan dapat ditulis kembali (writeable). Perkembangan selanjutnya berukuran 3,5 inchi dengan kapasitas 1,44 Mb. Disket mengandung sebuah piringan magnetik yang terbuat dari bahan plastik. Piringan dibagi atas sejumlah lingkaran yang masing-masing disebut track. Track dibagi menjadi beberapa sektor, pada sektor inilah data disimpan/rekam.
7.       Zip Disk
Kegunaannya hampir menyerupai disket, tetapi memiliki kapasitas yang lebih besar, hingga mencapai 750 Mb. Alat untuk membaca zip disk yaitu zip drive. Ukuran zip disk lebih besar dari disket dengan ketebalan dua kali lipat.
8.       USB Flash Disk
USB adalah piranti penyimpan eksternal yang berbentuk pena dengan panjang 53-63.5 mm, lebar 17 mm dan tinggi 8 mm dan dicolokkan ke port USB. Kapasitas penyimpanan data mencapai 5 Gb, serta bisa merekam data hingga 1 juta kali dan tahan disimpan sampai 10 tahun. Karena media penyimpanannya yang sangat fleksibel dan harganya terjangkau, USB sangat popular digunakan oleh siapapun. Teknologi tinggi yang dikembangkan oleh media penyiaran televisi untuk merekam audiovideo ataupun data ke USB, sering digunakan oleh broadcaster yang memerlukan kecepatan dan kemudahan dalam operasionalnya.
9.       Smart Card
Smart card atau kartu cerdas berupa kartu plastik yang dilengkapi dengan chip. Pada chip inilah terkandung memori dan prossesor. Bank juga pernah tahun 1990an mengunakan smard card untuk menyimpan data tabungan. Saat ini smart card tidak banyak berkembang, dan umumnya hanya digunakan untuk kartu telpon prabayar.
10.   Hard Drive
Hitachi menemukan hard drive pertama kali yang dapat menyimpan data 500 Gb, kecendrungan hard drive diproduksi untuk dapat menyimpan data secara cepat dengan harga murah.
11.   Laser Disk
Laser disk diperkenalkan pertama kali tahun 1972 untuk demonstrasi kepada publik. Laser disk ini digunakan bukan untuk menyimpan data, namun dimanfaatkan untuk menyimpan data dalam bentuk video dan gambar secara signifikan dengan kualitas tinggi dan lebih canggih.
12.   Compact disk
Bermula dari ditemukannya laser disk, namun berukuran lebih kecil. Dikembangkan pertama kali oleh SONY dan Philips pada tahun 1979 sehingga menjadi favorit dipasaran. Tipe CD dapat menyimpan data sebesar 700  Mb.
13.   Digital Versatile Disc atau Digital Video Disc (DVD)
DVD merupakan dasar dari CD namun mengunakan teknologi laser yang berbeda. Panjang gelombang laser menggunakan 780 nm sinar inframerah (standar CD menggunakan 625 nm hingga 650 nm sinar inframerah) yang menyebabkan DVD dapat menyimpan data pada space yang sama, dengan kapasitas 8.5 Gb.
Permasalahan
                Media penyimpanan adalah suatu tempat dimana semua data yang ada atau sudah direkam itu disimpan, pada perkembangannya media penyimpanan melalui beberapa era dimana dapat eksis. Dimulai dengan penyimpanan yang masih tradisional hingga media penyimpanan yang berbasis teknologi modern. Hal ini sangat berkaitan dengan penyesuaian teknologi perekaman/alat membaca, kebutuhan space area penyimpanan media tersebut dan para pengguna piranti penyimpanan ini.
                Tempat untuk menyimpan sejumlah data dari hasil input disebut dengan media simpan elektronik atau dalam bahasa komputer dikenal Drive. Drive ini berfungsi untuk memberikan alamat pada drive tersebut. Alamat drive terdiri dari satu karakter yang selalu diikuti dengan tanda”;”. Komputer sebagai perangkat yang paling penting sehubungan dengan media penyimpanan, adapun proses penyimpanan data akan dialamatkan pada Drive.
Alamat Drive A  : Berfungsi untuk menyimpan data kedalam disket (floppy disk)
Alamat Drive C  : Berfungsi untuk menyimpan data program atau program system kedalam hard disk.
Alamat Drive D  : sama dengan Hard disk.
Alamat Drive E   : Berfungsi untuk CD Drive/CD Rom
Alamat Drive F   : Berfungsi untuk eksternal hardware seperti Flash disk USB.
                Penemuan teknologi Informasi yang terjadi didunia saat ini berkembang dalam skala massal, maka teknologi itu telah mengubah bentuk masyarakat, dari masyarakat dunia lokal menjadi masyarakat dunia global. Dunia yang sangat transparan terhadap perkembangan informasi, transportasi serta teknologi yang begitu cepat dan begitu besar merubah peradaban manusia. Masyarakat dalam dunia bagaikan suatu kelompok yang dekat serta dapat saling berhubungan tanpa batas. 
Perkembangan teknologi informasi juga bukan saja mampu menciptakan masyarakat dunia global, namun secara materi mampu mengembangkan ruang gerak kehidupan baru bagi masyarakat, sehingga tanpa disadari, komunitas manusia telah hidup dalam dua dunia kehidupan, yaitu kehidupan masyarakat nyata dan kehidupan masyarakat nyata. Teknologi yang merubah peradaban manusia ini terjadi karena konvergensi Media. Dimana pengabungan teknologi komputer, teknologi telekomunikasi dan teknologi media massa menghasilkan suatu kemungkinan manusia dapat menghasilkan budaya bersama, pasar bersama dan produk bersama.
Produk media penyimpanan yang dahulunya berupa buku/kertas, film proyektor saat ini sudah mengunakan teknologi optikal, kartu memory, USB hingga linier tape open  yang memiliki kapasitas besar, kualitas terjamin, harga terjangkau bahkan peduli akan lingkungan.  Kemajuan teknologi informasi secara sadar membuka ruang kehidupan manusia semakin luas, semakin tanpa batas. Kemajuan teknologi ini pula yang mengubah sifat kematerian yang belum ditemukan manusia sebagai ruang kehidupan baru yang sangat prospektif bagi aktivitas manusia yang memiliki nilai efisien sangat tinggi.
Jika dikaitkan dengan media penyimpanan yang sekarang terintegrasi pada dunia penyiaran televisi, maka instrument yang paling berperan adalah media perekaman/camera recorder. Saat ini terdapat 4 jenis kamera video atau camera recorder (camcorder) atau yang lebih popular dikenal juga dengan Handycam. Beberapa jenis camera yang dapat digolongkan berdasarkan media penyimpanannya yaitu; Hard Disk Drive (HDD), Memory Card (kartu memory), DVD dan Mini DV Tape.


0 comments:

Post a Comment