Contoh Pembuatan Tujuan Penelitian Dan Mampaat Penelitian


TUJUAN PENELITIAN

59.        Tujuan penelitian menunjukkan hal-hal yang ingin dicapai, sesuai dengan pokok  permasalahan. Tujuan penelitian biasanya diawali dengan kata-kata seperti : untuk mengetahui, menghitung, menganalisis, membedakan, dan lain-lain (W. Gede Merta, 2004, 11).
60.        Tujuan penelitian berkaitan dengan pertanyaan penelitian, tapi tingkatan tujuan tergantung hasil kajian pustaka. Beberapa tingkatan atau macam tujuan penelitian, antara lain: (1) mengeksplorasi; misal: mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi.... (2) mendeskripsikan; misal: mendeskripsikan pola ....; mendeskripsikan perkembangan .....; mendeskripsikan kategori ....(3) menguji hipotesis; misal: menguji hipotesis bahwa tidak ada hubungan antara .... dengan .... (4) mengevaluasi; misal: mengevaluasi ketepatan pemilihan lokasi ibukota ... dengan kriteria akademis. Sebaiknya dirumuskan suatu tujuan bagi setiap pertanyaan penelitian. Tujuan untuk masing-masing pertanyaan penelitian dapat berbeda, tergantung pada status/ujung pengetahuan yang ada saat ini (“state of the art”)—hasil kajian pustaka—bagi masing-masing pertanyaan penelitian (Prof. Dr. Achmad Djunaedi, 2002, 15-16).
61.        Tujuan penelitian berkaitan erat dengan rumusan masalah yang dituliskan, misalnya jika rumusan masalahnya “apakah ada pengaruh latihan terhadap produktivitas kerja pegawai”, maka tujuannya adalah “ingin mengetahui apakah ada hubungan antara latihan dan produktivitas kerja pegawai dan kalau ada seberapa besar”. Rumusan masalah dan tujuan penelitian ini jawabnya terletak pada kesimpulan penelitian (Prof. Dr. Sugiyono, 1999, 305).

MANFAAT PENELITIAN

62.        Hasil penelitian harus bermanfaat bagi:
a.           Peneliti
b.          Instansi/lembaga tempat penelitian
c.           Universitas
d.          Peneliti pada masa mendatang (Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, 2002, 28-29).
63.        Manfaat penelitian merupakan dampak dari tercapainya tujuan penelitian. Kalau penelitian dapat tercapai dan rumusan masalah terjawab  dengan akurat, maka apa dan bagi siapa hasil penelitian tersebut bermanfaat. Setidaknya penelitian bermanfaat untuk:
a.        Kegunaan teoritis: untuk mengembangkan ilmu
b.       Kegunaan praktis: membantu memecahkan dan mengantisipasi masalah yang ada pada objek yang diteliti (Prof. Dr. Sugiyono, 1999, 305).
64.        Kegunaan (red: manfaat) penelitian merupakan uraian tentang manfaat dari hasil atau temuan penelitian. Kalau ternyata terbukti bahwa ada hubungan antara gaji pegawai dengan semangat kerja mereka, lalu apa manfaat dari temuan tersebut bagi lingkungan di mana penelitian dilangsungkan? (Hasan Mustaf, 1997)


0 comments:

Post a Comment