Tentang Litosfer, Hidrosfer, dan Atmosfer


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : .............................


Kelas / Semester : IX (Sembilan) / Semester II


Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)


Alokasi waktu : 6 X 40’



Standar Kompetensi
             5.     Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya.

Kompetensi Dasar
            5.4   Mendeskripsikan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan litosfer dan                             atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
·         Menjelaskan pengertian litosfer.
·         Menjelaskan bentuk permukaan daratan.
·         Menjelaskan bentuk permukaan dasar laut.
·         Menjelaskan pengertian batuan.
·         Menyebutkan jenis-jenis batuan berdasarkan proses terbentuknya.
·         Membedakan batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf.
·         Menjelaskan pengertian vulkanisme.
·         Menyebutkan manfaat vulkanisme.
·         Menjelaskan pengertian gempa bumi.
·         Menyebutkan jenis-jenis gempa berdasarkan penyebabnya.
·         Membedakan bahan galian dan bahan tambang.
·         Menjelaskan proses terbentuknya tanah.
·         Membedakan pelapukan fisis, pelapukan kimiawi, dan pelapukan biologi.
·         Menjelaskan pengertian erosi.
·         Menjelaskan pengertian sedimentasi.
·         Menjelaskan pengertian hidrosfer.
·         Menjelaskan perairan di permukaan bumi.
·         Menjelaskan perairan di bawah permukaan bumi.
·         Menjelaskan suhu air laut.
·         Menjelaskan pengertian kadar garam (salinitas).
·         Menyebutkan faktor yang menentukan tinggi rendahnya kadar garam.
·         Menjelaskan massa jenis air laut.
·         Menjelaskan gerakan air laut.
·         Menjelaskan pengertian atmosfer.
·         Menyebutkan manfaat atmosfer.
·         Menjelaskan komposisi gas dalam atmosfer.
·         Menjelaskan susunan lapisan atmosfer.

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
                                                  Litosfer, Hidrosfer, dan Atmosfer

C. Metode Pembelajaran
·     Model   :          -  Direct Instruction (DI)
                                    -  Cooperative Learning
·     Metode :          -  Diskusi kelompok
                                    -  Observasi
                                                -  Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
            a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
·       Mengapa bentuk muka bumi di berbagai tempat tidak rata?
·       Bagaimana cara kalian menghadapi gempa bumi? 
·         Prasyarat pengetahuan:
·       Apakah yang dimaksud dengan bentang alam?
·       Apakah yang dimaksud dengan gempa bumi?

b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Menjelaskan pengertian litosfer.
F  Menjelaskan bentuk permukaan daratan.
F  Menjelaskan bentuk permukaan dasar laut.
F  Menjelaskan pengertian batuan.
F  Menyebutkan jenis-jenis batuan berdasarkan proses terbentuknya.
F  Membedakan batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf.
F  Menjelaskan pengertian vulkanisme.
F  Menyebutkan manfaat vulkanisme.
F  Menjelaskan pengertian gempa bumi.
F  Menyebutkan jenis-jenis gempa berdasarkan penyebabnya
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian litosfer.
F  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai bentuk permukaan daratan dan bentuk permukaan dasar laut.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian batuan.
F  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan jenis-jenis batuan berdasarkan proses terbentuknya.
F  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf.
F  Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan pengertian vulkanisme.
F  Peserta didik dalam kelompoknya mendiskusikan manfaat vulkanisme.
F  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gempa bumi.
F  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan jenis-jenis gempa berdasarkan penyebabnya.
F  Peserta didik memperhatikan perbedaan bahan galian dan bahan tambang yang disampaikan oleh guru.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan proses terbentuknya tanah.
F  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan pelapukan fisis, pelapukan kimiawi, dan pelapukan biologi.
F  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai pengertian erosi dan sedimentasi.
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

PERTEMUAN KEDUA
            a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
·       Bagaimana proses terbentuknya delta?
·       Faktor apakah yang menentukan tinggi rendahnya salinitas? 
·         Prasyarat pengetahuan:
·       Apakah yang dimaksud dengan delta?
·       Apakah yang dimaksud dengan salinitas?

b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Menjelaskan proses terbentuknya tanah.
F  Membedakan pelapukan fisis, pelapukan kimiawi, dan pelapukan biologi.
F  Menjelaskan pengertian erosi.
F  Menjelaskan pengertian sedimentasi.
F  Menjelaskan pengertian hidrosfer.
F  Menjelaskan perairan di permukaan bumi.
F  Menjelaskan perairan di bawah permukaan bumi.
F  Menjelaskan suhu air laut.
F  Menjelaskan pengertian kadar garam (salinitas).
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok,
F  masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian hidrosfer.
F  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perairan di permukaan bumi.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan karakteristik perairan laut dan perairan darat.
F  Guru membagi tugas kelompok:
-      2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik laut.
·       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik samudra.
·       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik sungai.
-      2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik danau.
·       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik rawa.
F  Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
F  Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
F  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
F  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perairan di bawah permukaan bumi.
F  Peserta didik memperhatikan penjelasan mengenai suhu, kadar garam (salinitas), dan massa jenis air laut yang disampaikan oleh guru.
F  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan faktor-faktor yang menentukan tinggi rendahnya kadar garam (salinitas).
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan gerakan air laut.
F  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai gelombang, arus laut, pasang, dan surut.
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

PERTEMUAN KETIGA
            a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
·      Apakah manfaat atmosfer bagi kehidupan makhluk hidup?
·      Mengapa saat hujan disertai angin kencang siaran radio sering terganggu? 
·         Prasyarat pengetahuan:
·      Apakah yang dimaksud dengan atmosfer?
·      Apakah yang dimaksud dengan lapisan ionosfer?

b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Menjelaskan proses terbentuknya tanah.
F  Membedakan pelapukan fisis, pelapukan kimiawi, dan pelapukan biologi.
F  Menjelaskan pengertian atmosfer.
F  Menyebutkan manfaat atmosfer.
F  Menjelaskan komposisi gas dalam atmosfer.
F  Menjelaskan susunan lapisan atmosfer.
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian atmosfer.
F  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan manfaat atmosfer bagi kehidupan makhluk hidup.
F  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
F  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan komposisi gas dalam atmosfer.
F  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan berbagai macam gas dan partikel lain di dalam atmosfer.
F  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan susunan lapisan atmosfer.
F  Peserta didik memperhatikan susunan lapisan atmosfer yang disampaikan oleh guru.
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Terpadu
  b. Buku referensi yang relevan
 c. Lingkungan

F. Penilaian Hasil Belajar       
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan litosfer terhadap perubahan zat dan kalor
·   Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan atmosfer terhadap perubahan zat dan kalor

·   Tes tertulis



·   Tes tertulis


·   Uraian



·   Uraian


·   Jelaskan pengaruh proses yang terjadi pada lapisan litosfer?

·   Jelaskan pengaruh proses yang terjadi pada lapisan atmosfer?

                          


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………




(__________________________)
NIP/NIK :.............................

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam




(_______________________)
NIP/NIK :.............................







0 comments:

Post a Comment