PENGERTIAN KECELAKAAN

Kecelakan menurut kamus besar Bahasa Indonesia kecelakaan adalah kemalangan, bencana kemudian kejadian atau pristiwa celaka, mendapat celaka. 

Kecelakaan merujuk kepada peristiwa yang terjadi secara tidak sengaja. Sebagai contoh kecelakaan lalu lintas, kecelakaan tertusuk benda tajam dan sebagainya. Perkataan kecelakaan diambil dari kata dasarcelaka. Penambahan imbuhan "ke"... dan ..."an" menunjukkan nasib malang yang terjadi atau menimpa. 

Secara teknis, "kecelakaan" tidak termasuk dalam kejadian yang disebabkan oleh kesalahan seseorang, contohnya jika dia lengah dan gagal mengambil langkah berjaga-jaga. Jika yang akan terjadi diketahui akibat kelengahannya, peristiwa itu bukanlah "kecelakaan" pada peringkat itu, dan orang yang lengah tersebut harus bertanggung jawab atas kerugian dan kecelakaan orang lain. Dalam "kecelakaan" yang sebenarnya, tak satupun pihak yang dapat dipersalahkan, karena peristiwa tersebut tidak dapat diperkirakan atau kemungkinan terjadinya amat rendah. Contohnya, seorang ahli farmasi salah memberi label obat dan pasien yang memakannya keracunan. 

B. PERTOLONGAN KECELAKAAN DI SEKOLAH. 

Seiring banyak terjadinya kecelakaan yang terjadi di sekolah,baik kecelakaan kecil maupun kecelakaan yang mengakibatkan para korbanya harus di bawa ke Rumah Sakit, maka sekolah mengadakan usaha-usaha pertolongan yang mungkin bisa dilakukan oleh pihak sekolah. Usaha-usaha yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah antara lain : 



1. Program Usaha Kesehatan Sekolah ( UKS ) 

a. Pengertian 

Usaha Kesehatan Sekolah ( UKS ) merupakan bagian dari program kesehatan anak usia sekolah . Anak usia sekolah adalah anak yang berusia 6-21 tahun , yang sesuai dengan proses tumbuh kembangnya dibagi menjadi 2 subkelompok yakni pra remaja ( 6-9 tahun ) dan remaja ( 10-19 tahun ). 

Program UKS adalah upaya terpadu lintas program dan lintas sektoral dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan serta membentuk perilaku hidup bersih dan sehat anak usia sekolah yang berada di sekolah dan Madrasah Ibtidaiyah. 

b. Tujuan UKS 

Tujuan umum: Meningkatkan kemampuan perilaku hidup bersih dan sehat, dan derajat kesehatan siswa serta menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal. 

Tujuan khusus : Memupuk kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat dan meningkatkan derajat kesehatan siswa, yang mencakup : 

1) Memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup bersih dan sehat serta berpratisipasi aktif di dalam usaha peningkatan kesehatan di sekolah perguruan agama, di rumah tangga maupun di lingkungan masyarakat. 

2) Sehat fisik, mental maupun sosial. 

3) Memiliki daya hayat dan daya tangkal terhadap pengaruh buruk penyalahgunaan NAPZA. 

c. Goal UKS: 

Generasi muda terbebas dari; 

1. Kenakalan remaja 

2. Bahaya Rokok 

3. Narkoba 

4. Kehamilan pranikah/pergaulan bebas 

5. Cacingan 

6. Anemia 

7. Hepatitis B 




0 comments:

Post a Comment