Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan Ibu

 Tingkat Pendidikan

Pendidikan merupakan penuntun manusia untuk berbuat dan mengisi kehidupannya yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi sehingga dapat menigkatkan kualitas hidup. Makintinggi pendidikan seseorang maka makin mudah menerima informasi dan makin bagus pengetahuan yang dimiliki sehingga pemberian Asi eksklusif dapat ditingkatkan (Alimul, 2003).

Pendidikan berarti bimbingan yang diberikan oleh seseorang terhadap peerkembangan orang lain menuju kearah suatu cita-cita tertentu, jadi dapat dikatakan bahwa pendidikan itu menuntun manusia untuk berbuat dan mengisi kehidupannya untuk mencapai keselamatan dana kebahagiaan (Nursalam, 2003).

Makin tinggi tingkat pendidikan seseorang maka makin mudah seseorang menerima informasi sehingga makin banyak pula pengetahuan yang dimiliki, hal ini mempunyai pengaruh bermakna terhadap pemberian Asi secara eksklusif (Nursalam, 2003).

 Pekerjaan

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ibu yang bekerja mempunyai tingkat pengetahuan yang lebih baik dari pada ibu yang tidak bekerja, karena pada ibu yang bekerja akan lebih banyak memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain, sehingga lebih mempunyai banyak peluang juga untuk mendapatkan informasi (Sulistyawati, 2009).

Pekerjaan bukanlah sumber kesenangan, tetapi lebih banyak merupakan cara mencari nafkah dan banyak tantangan. Bekerja umumnya merupakan kegiatan yang menyita waktu, bekerja bagi ibu-ibu akan mempunyai pengaruh terhadap pemberian ASI eksklusif (Nursalam, 2003)

Kembalinya wanita bekerja dalam beberapa bulan setelah melahirkan merupakan hal yang sudah biasa. Motivasinya dapat berupa kebutuhan financial atau kekhawatiran mengenai kemajuan karier jika cuti terlalu lama, atau mungkin memang sudah menjadi keinginan wanita tersebut. Hal ini mempunyai efek terhadap pemberian ASI eksklusif (Moody, 2005).

2.5.3. Sumber Informasi

Sumber informasi adalah segala sesuatu yang menjadi tempat untuk memperoleh informasi/pengetahuan sehubungan dengan bidang yang akan diikutinya guna memperkuat/menyokong secara ilmiah terhadap suatu penelitian (Notoatmodjo, 2007).

Sumber informasi mempengaruhi pengetahuan baik dari media maupun orang. Dalam keterkaitannya dengan kelompok manusia memberi kemungkinan untuk mempengaruhi dan dipengaruhi anggota seseorang dalam proses pendidikan juga memperoleh pengetahuan mulai berbagai macam alat bantu media, akan membantu melakukan penyuluhan (Notoatmodjo, 2007).

Sumber informasi mempengaruhi pengetahuan dari orang atau media informasi berasal dari orang lain.

a. Keluarga.

b. Tempat bergaul, masyarakat.

c. Kesehatan, seperti : dokter, bidan maupun perawat.

Majunya teknologi akan tersedia bermacam-macam media massa yang dapat mempengaruhi pengetahuan masyarakat tentang inovasi baru. Sebagai sarana komunikasi, berbagai bentuk media massa seperti televisi, radio, surat kabar, majalah dan lain-lain mempunyai pengaruh besar terhadap pembentukkan opini dan kepercayaan orang.

a. Internal

1) Keluarga

Tidak dapat diingkari bahwa keluarga adalah lingkungan primer setiap individu, hubungan yang paling intensif dan paling awal terjadi dalam keluarga karena itu sebelum mengenal nilai dan norma dari masyarakat, pertama ia menyerap norma yang berlaku dikeluarga untuk dijadikan bagian dan kepribadiannya (Sarwono Sarlita, 2005).

d. Eksternal

1) Petugas Kesehatan

Petugas kesehatan diharapkan memberikan penyuluhan dan pemahaman terhadap ibu tentang pentingnya Asi sehingga setiap ibu menyadari dan merasakan bangga dalam menyusui bayinya. Ibu juga lebih mengerti tentang manfaat ASI Eksklusif, diharapkan juga kepada Kepala Dusun agar bekerja sama dengan petugas kesehatan untuk mengadakan kegiatan penyuluhan kepada para ibu.

2) Televisi

Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision yang mempunyai arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh (Wikipedia, 2008).

Televisi merupakan alat komunikasi yang dapat memberi sumber informasi kepada masyarakat. Sebaiknya pemerintah lebih meningkatkan promosi tentang pengetahuan ASI eksklusif sehingga seorang ibu bisa mendapatkan informasi dari televise tentang ASI eksklusif, manfaat ASI eksklusif dan pengetahuan kesehatan lainnya sehingga ibu tidak mendapat informasi yang salah tentang ASI eksklusif.

3) Media Massa

Media massa merupakan alat komunikasi yang dapat memberikan berita seputar kesehatan kepada masyarakat khususnya kepada ibu menyusui, ibu bisa mendapatkan informasi tentang ASI eksklusif dari Koran, majalah atau tabloid keluarga lainnya yang pernah ia baca sehingga ibu bisa lebih mengerti tentang pentingnya ASI eksklusif.


Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi