Entrepreneurship Harus Tahan Banting

Entrepreneurship Harus Tahan Banting itu adalah satu kutipan kata -katka yang diucapkan oleh seorang pembicara dalam acara seminar kewirausahaan saat memberikan berbagai materi pada sejumlah mahasiswa yang ada di kota medan. Salah satu tujuan dari pada mahasiswa yang sudah tamat dari sebuah perguruan tinggi adalah membuka peluang kerja bukan lagi seperti yang terjadi saat ini yaitu mencari kerja alias setelah tamat kerja banyak membuat surat lamaran kerja.

Menjadi seorang entrepreneur memang tidaklah mudah perlu keberanian baik secara mental maupun materi sehingga kalau orang yang tidak punya mental dan apalagi tidak punya modal materi maka biasanya akan memilih untuk berkarir saja, sehingga kita tahu bahwa semakin lama kita bekerja menjadi seorang karyawan maka mental kita menjadi seorang pengusaha tentu akan semakin menurun, semua itu disebabkan karena kita udah punya pekerjaan dan kita mungkin udah lama bekerja pada perusahaan itu sehingga rasa ketakutan kita itu akan ada kalau kita harus meninggalkan pekerjaan kita dan memulai sesuatu yang baru yang belum tentu bisa menghasilkan.

Mari kita lihat banyak pengusaha Indonesia dan khususnya pada kota medan saya melihat semua ini hanya di kuasa oleh segelinter orang yaitu lebih di dominasi oleh orang keturunan china, kerena apa? karena mereka dari usia kecil udah dilatih menjadi seorang calon pemilik usaha, dari kecil udah di ajari untuk berwirausaha mulai dari membantu orang tuanya di saat dia udah pulang sekolah, sampai mereka masuk perguruan tinggi mereka udah dilatih agar berkerja keras, sihingga tidak mengherankan kalau banyak kita lihat banyak orang china yang membuka peluang -peluang usaha baru, mereka memiliki keberanian dan mau belajar tentang dunia bisnis dan akhirnya kita menjadi tenaga karyawannnya, itu adalah sebuah realita yang nyata.


Saya adalah menjadi salah satu orang yang dulunya bekerja pada perusahaan orang china yang ada dikota saya yaitu kota medan, hampir 6 (tahun) lamanya saya bekerja pada mereka, tetapi saya tidak pernah menutup pikiran  saya untuk bermimpi bahwa suatu hari kelak akan bisa menjadi seorang pemilik usaha, nah selama bekerja saya berusaha untuk masuk kuliah, dan saya meniru mereka yang kerja sambil kuliah sambil saya banyak belajar tentang dunia motivasi bisnis, waktu itu dalam hati saya selalu punya prinsip bahwa saya hanya bekerja selama sekian tahun aja sehingga sehabis itu saya tak lagi menjadi karyawan itu target saya.

Pada akhir desember 2014 ini saya sudah memulai sebuah usaha yang bergerak dalam jasa komputer, saya memulai ini bersama sahabat saya, ini adalah awal dalam kehidupan saya menjadi seorang pemilik usaha pemula, saya yakini ini sembua berkat dari impian saya yang tidak pernah saya lupakan bahwa saya harus punya usaha, dan kini sudah kenyataan, saya berharap dengan usaha ini semoga saya bisa kelola dan bisa menjadi usaha yang berkembang ke depannya.

Jadi intinya bagi saya adalah bahwa mental kita harus di ubah duluan, yang dulunya tidak berani harus diubah biar jadi pemberani, tidak berhenti belajar, karena tanpa ilmlu pengetahuan bagaimana caranya kita bisa berhasil dalam sebuah usaha yang kita rintis. 

Salam sukses .........

Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi