IPA sebagai Dasar Pengembangan Teknologi

1. Pengertian IPA dan Teknologi

a. Pengertian IPA
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Menurut H.W. Fowler et- adalah ilmu yang sistematis dan dirumuskan, dimana berhubungan dengan gejala-gejala kebendaan dan didasarkan terutama atas pengamatan dan induksi. Menurut Nokes di dalam bukunya 'Science in Education' menyatakan bahwa IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) ialah pengetahuan teooritis yang diperoleh dengan metode khusus.

Kedua pendapat diatas sebenarnya tidak berbeda. IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) merupakan suatu ilmu teoritis, akan tetapi teori tersebut didasarkan atas pengamatan, percobaan-percobaan pada gejala-gejala alam. Betapapun indahnya suatu teori yang dirumuskan, tidaklah dapat dipertahankan kalau tidak sesuai dengan hasil-hasil pengamatan atau observasi. Fakta-fakta tentang gejala kebendaan atau alam diselidiki dan diuji berulang-ulang melalui percobaan-percobaan (eksperimen), kemudian berdasarkan hasil dari eksperimen itulah dirumuskan keterangan ilmiahnya (teorinya). Teori pun tidak dapat berdiri sendiri, teori selalu di dasari oleh suatu hasil pengamatan.

b. Teknologi

Secara etimologi teknologi berasal dari kata techno dan logos. Techno berarti seni dan logos berarti ilmu. Menurut Rogers (dalam Seels dan Richey, 1994: 12) Teknologi adalah suatu rancangan langkah instrumental untuk memperkecil keraguan mengenai hubungan sebab akibat dalam mencapai hasil yang diharapkan. “Teknologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang berkenaan dengan industri bangunan, mesin- mesin dan sebagainya” (Salim). Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis ilmu pengetahuan terapan. Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Berdasarkan pemahaman-pemahaman diatas tentang teknologi disimpulkan bahwa teknologi merupakan ilmu pengetahuan yang bertopang pada ilmu-ilmu alam yang mewujudkan ilmu-ilmu seperti perencanaan, konstruksi, pengamanan ,utilitas, dan sebagainya dari semua bangunan teknik sipil maupun militer.

Teknologi meliputi teknik menyusun objek, serta membuat konstruksi alam dan alat, sedangkan IPA mengenai properti (kondisi, kandungan dan sifat objek), interaksi, dan perubahan objek. Konstruksi alam dan alat mengatur bentuk, ukuran ruang, ukuran objek, pergerakan dan interaksi objek. Objek dengan properti dan interaksinya diatur oleh konstruksi atau alat, sehingga menimbulkan peristiwa yang diharapkan oleh perancang teknologi.

2. Peranan IPA dan Teknologi bagi Kehidupan Manusia

a. Materi dan Energi

- Materi

Sasaran Ilmu Pengetahuan Alam adalah alam semesta dengan segala isinya. Ilmu fisika memandang keseluruhannya itu sebagai materi dan energi. yang dimaksud dengan materi atau zat dalam fisika adalah apa saja yang mempunyai massa dan menempati suatu ruangan. Contoh: meja, kursi gunung, awan, udara (walaupun tak tampak). Materi dapat berwujud padat, cair, dan gas.

- Enegi

Energy adalah sesuatu yang dapat memindahkan materi dari suatu tempat ke tempat lain. energy itu berbagai–bagai bentuknya. energi dapat berbentuk panas, gerak, cahaya, tenaga kimia, tenaga atom dan sebagainya. disamping itu atom dapat berubah-ubah bentuk. Energi dalam bentuk panas, misalnya dapat berubah menjadi energi bentuk lain yaitu energy mekanik. perbuhan ini terjadi dengan cara mengubah air menjadi uap. uap panas menekan menggerakkan baling-baling suatu turbin sehingga turbin itu bergerak. gerakan turbin inilah yang digunakan untuk berbagai keperluan. energy mekanik juga dapat berubah menjadi energy lain, misalnya energy listrik: dengan gerakannya energy mekanik memutar dynamo yang akan menghasilkan aliran listrik. Energi listrik pun bisa berubah menjadi energy lain yaitu: cahaya (pada bola lampu), kembali menjadi energy mekanik, dan energy kimia (misalnya pada pembuatan Kaliaum Klorat)

3. Prinsip Pembangkit Listrik

Listrik merupakan keperluan dalam kehidupan sehari-hari yang sangat vital pada zaman yang sekarang ini. Tanpa listrik kita tidak dapat melihat televise, tiada rambu-rambu lalu lintas tidak ada mesin cuci, dan keperluan listrik lainnya. hampir semua alat-alat keperluan rumah tangga pada zaman modern ini memerlukan listrik. berikut ini adalah prinsip-prinsip pembangkit tenaga listrik yang perlu:

a) Pembangkit Listrik Tenaga Air

Dari sebuah danau atau bendungan, air dialirkan melalui suatu terowongan dengan alat pengontrol. terowongan itu dibbuat sedemikian rupa sehingga air dijatuhkan dari ketinggian 100m atau lebih dengan tujuan untuk mengubah energy potensial menjadi energy mekanik sebesar-besarnya. ujung terowongan di tahan oleh suatu turbin air. dengan dorongan air, turbin bisa berputar. perputaran turbin digunakan untuk memutar generator atau mesin pembangkit listrik. kemudian listrik yang dihasilkan oleh generator diubah atau diatur tekanannya oleh suatu benda yang disebut tranformator. dari transformator, listrik dialirkan ke daerah-daerah yang memerlukan listrik. sebelum digunakan di rumah-rumah tangga, biasanya aliran listrik diturunkan tegangannya melalui tranformtor lagi sehingga listrik yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhna rumah tangga. di Indonesia sendiri dipergunakan teganggan 220 volt atau 110 volt. air yang keluar dari turbin masih dapat dimanfaatkan untuk pengairan atau irigasi.

b) Prinsip Pembangkit Listrik tenaga Disel

Prinsip pembengkit listrik tenaga disel sama dengan pembangkit listrik tenaag air, yaitu denga cara menggerakkan generator pembangkit listrik. dalam pembangkit listrik tenaga disel rotor dari generator digerakkan oleh mesin disel.

c) Prinsip Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Tenaga nuklir pada hakikatnya adalah tenaga yang timbul pada pemecahan inti atom. umumnya yang dipecah itu adalah atom yang mempunyai inti yang berat seperti halnya uranium. Inti atom dipecah dengan cara menembakkan netron hasil peluruhan dari zat radioaktif yang lain. Inti terpecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dengan mengelurkan tenaga yang besar serta neutron-neutron yang berasal dari inti yang pecah itu. jdi energi nuklir itu berasal dari tenaga yang mengikat inti atom. tenaga yang keluar itu berupa panas. di dalam alat yang bernama reaaktor, panas yang timbul diserap oleh suatu cairan penyerap panas yang kemudian dialirkan ke dalam air sehingga air tersebut mendidih dan menguap. uap air inilah yang dipergunakan untuk menggerakkan turbin uap yang selanjutnya menggerakkan generator listrik.

Berikut pengaruh nuklir bagi kesejahteraan manusia adalah sebagai berikut:

1. Pengaruh radiasi terhadap makluk hidup

Sinar-sinar yang tibul dari suatu zat radioaktif salah satunya adalah sinar gamma yang dapat mengakibatkan:

- kematian

- hambatan pertumbuhan

- perubahan sifat-sifat genetika

2. Teknik nuklir untuk Pemuliaan padi dan tanaman lain

Dengan sinar gamma yang mampu mengadakan mutasi gen dari biji-bijian maka manusia mendapatkan varian yang sangat menguntungkan sehingga dapat memberikan perkembangan pangan yang begitu pesat.

3. Teknik nuklir untuk industry

– industri kayu: mutu kayu dapat ditingkat melalui proses radiasi yang berasal dari nuklir.

– serat-serat testil dari berbagai bahan dapat diubah sifatnya dari yang sukar menyerap air menjadi mudah menyerap air dan menyerap warna melalui proses radiasi

– pengawetan makanan dengan radiasi dapat membunuh kuman-kuman pembusuk.

– teknik nuklir di bidang kesehatan pada umumnya digunakan untuk mengadakan diagnosi dari suatu penyakit dalam.

– teknik nuklir dalam industry radiografi. dengan menggunakan sinar gamma dapat diperolehgambar yang menunjukan keadaan suatu bahan bangunan.

– teknik nuklir dalam hidrologi.



4. Komunikasi

Salah satu kebutuhan manusia adalah berkomunikasi antar sesamanya. untuk itu Ilmu pengetahuan Alam dengan teknologinya telah menyumbangkan pada kita segala bentuk media komunikasi. Perkembangan media komunikasi tersebut antara lain:

– Percetakan

– Telegrafi

– Telepon

– Radio

– Televisi

– Satelit komunikasi

Itulah sebagian peranan IPA dan teknologi dalam keberlangsungan hidup manusia. IPA dan teknologi ini sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup masusia apalagi dalam menjalankan kehidupan manusia sehari-harinya.

Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi