Pengertian Metode mengajar

Kata metode berasal dari bahasa yunani. Secara etimologi, kata metode berasal dari dua suku kata perkataan, yaitu meta dan hodos. Meta berarti melalui dan hodos jalan atau cara.

Abu Ahmadi (2002) mendefenisikan bahwa metode adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh seorang guru atau instruktur.

Mengingat mengajar pada hakekatnya merupakan upaya guru dalam menciptakan situasi belajar yang harmonis dan menyenangkan, maka diharapkan mampu menumbuhkan berbagai kegiatan belajar mengajar guru dengan perkataan lain proses belajar mengajar merupakan proses interaksi edukatif antara guru dengan siswa dengan menciptakan suasana belajar mengajar yang memberi respon terhadap usaha guru tersebut oleh sebab itu metode mengajar yang baik adalah metode yang dapat menumbuhkan kegiatan belajar bagi siswa.

Titik sentral yang harus dicapai dalam setiap kegiatan belajar mengajar adalah tercapainya tujuan pengajaran. Guru sebagai salah satu sumber belajar berkewajiban menyediadakan lingkungan belajar yang kreatif bagi kegiatan belajar anak didik didalam kelas. Salah satu kegiatan yang harus guru lakukan adalah pemilihan dan penentuan metode yang bagaimana yang akan dipilih untuk mencapai tujuan pengajaran . pemilihan dan penentuan metode ini didasari adanya metode-metode tertentu yang tidak bisa dipakai untuk mencapai tujuan tertentu. Kegagalan guru dalam mencapai tujuan pengajaran akan terjadi jika pemilihan danpenentuan metode tidak dilakukan dengan pengenalan terhadap karakteristik dan masing masing metode pengajaran.

2.2 Prinsip-prinsip penentuan metode mengajar

Metode mengajar yang digunakan guru dalam setiap pertemuan kelas bukanlah asal pakai, tetapi setelah melalui seleksi yang berkesesuaian dengan perumusan tujuan instruksional khusus. Jarang sekali terlihat guru merumuskan tujuan hanya dengan satu rumusan, tetapi pasti guru merumuskan lebih dari satu tujuan.kerananya guru pasti mengubah metode lebih dari satu.

Metode apapun yang dipilih dalam kegiatan belajar mengajar hendaklah memperhatikan beberapa prinsip yang mendasari urgensi metode dalam proses belajar mengajar yakni :

a. prinsip motivasi dan tujuan belajar

motivasi memiliki kekuatan sangat penting dalam proses pembelajaran. Belajar tanpa motivasi seperti badan tanpa jiwa atau laksana mobil tanpa bahan bakar. Motivasi belajar memegang peranan penting dalammemberikan gairah, semangat dan rasa senang dalam belajar sehingga yang mempunyai motivasi tinggi mempunyai energy tinggi yang banyak untuk melaksanakan kegiatan belajar. Siswa yang mempunyai motivasi belajar yang tinggi sangat sedikit yang tertinggal belajarnya dan sangat sedikit pula kesalahan dalam belajarnya.

Pengertian Hasil Belajar

Berikut implementasi dari belajar adalah hasil belajar. Berikut ini dikemukakan defenisi hasil belajar menurut para ahli :

1. Menurut Dimyati dan Mudjiono (2006) hasil belajar adalah hasil yang dicapai dalam bentuk angka angka atau skors setelah diberikan tes hasil belajar pada setiap akhir pembelajaran. Nilai yang diperoleh siswa menjadi acuan untuk melihat penguasaan siswa dalam menerima materi pelajaran.

2. Menurut Djamarah Zain (2006) hasil belajar adalah apa yang diperoleh siswa setalah dilakukan aktifitas belajar.

Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi