Latar Belakang Masalah Bidang Pariwisata

Indonesia memiliki potensi yang sangat besar di bidang Pariwisata, hal ini dapat dilihat dengan berbagai macam kekayaan alam, keaneka ragaman budaya, adat istiadat, sejarah, dan lainnya. Potensi Pariwisata harus tetap dijaga dan dipelihara dengan baik untuk menarik wisatawan datang ke Indonesia. Salah satu usaha jasa Pariwisata yang berperan untuk mendatangkan wisatawan adalah Biro Perjalanan Wisata.

Dalam pembuatan paket wisata perlu di perhatikan trend (kecenderungan minat wisatawan), harga jual yang dapat bersaing, kualitas yang baik, membuat materi promosi yang menarik dan berkesinambungan.

Teknik promosi memang harus selalu memberikan hal – hal yang baru dengan tujuan menarik minat pelanggan. Inti promosi adalah mengirim dan menguatkan kembali penetapanan ancangan merek melalui ide yang berbeda, baik yang bersikap rasional, emosional, atau moral, harus di presentasikan secara kreatif dengan cara yang mendukung penetapan ancangan secara efektif.

Dalam melakukan promosi sebaiknya produk yang akan di promosikan tersebut memiliki perbedaan dengan produk lain dimana produk yang di miliki oleh perusahaan memiliki keunggulan sendiri.

Penjualan dapat diartikan sebagai sebuah usaha atau langkah konkrit yang dilakukan untuk memindahkan suatu produk, baik itu berupa barang maupun jasa, dari produsen kepada konsumen, sebagai sasarannya.

Tujuan utama penjualan yaitu mendatangkan keuntungan atau laba dari produk yang dihasilkan produsennya dengan pengelolaan yang baik. Dalam pelaksanaannya, penjualannya sendiri tidak akan dapat dilakukan tanpa adanya pelaku yang bekerja di dalamnya seperti agen, pedagang dan tenaga pemasaran.

Penjualan di pengaruhi oleh promosi yang dilakukan oleh perusahaan. Promosi penjualan bisa dilakukan dengan berbagai cara dan media, Baik itu yang menggunakan anggaran biaya besar sampai yang kecil. Promosi penjualan memegang peranan yang sangat penting untuk mencapai tujuan dari usaha dagang atau usaha yang bergerak dalam penjualan produk. Semua usaha penjualan pasti mempunyai tujuan untuk menghasilkan omset penjualan besar dan menguntungkan, namun tanpa didukung promosi penjualan yang baik omset penjualan optimal belum tentu bisa diraih.

PT. Lovely Holidays Tour and Travel Medan merupakan salah satu biro perjalanan wisata yang menjual paket wisata ke Bali. Namun paket wisata tersebut kurang di minati dikarenakan kurangnya promosi yang dilakukan dalam paket wisata tersebut. Dimana perusahaan tidak memiliki sales marketing yang menjual paket wisata sehingga produk dikenal oleh konsumen.





Promosi yang dilakukan hanya dengan website, mulut ke mulut atau hanya jika tamu datang langsung ke kantor dan menanyakan paket wisata tersebut. Sementara banyak media yang dibutuhkan dalam promosi seperti: Brosur, televisi, radio, surat kabar, majalah, dan lain – lain.

Oleh karena itu dari pembahasan diatas, maka penulis mengambil judul

“ TINJAUAN TENTANG PENJUALAN PAKET TOUR 4 HARI 3 MALAM BALI PADA PT. LOVELY HOLIDAYS TOUR AND TRAVEL”

1.2 Identifikasi Masalah

Identifikasi masalah merupakan aspek-aspek yang diteliti berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan sebelumnya yaitu:

1. Bagaimana cara PT. Lovely Holidays Tour and Travel mempromosikan paket tour 4 hari 3 malam?

2. Bagaimana media promosi yang digunakan di PT. Lovely Holidays Tour and Travel untuk mempromosikan paket tour 4 hari 3 malam?

3. Bagaimana hasil penjualan paket tour di PT. Lovely holidays tour and travel?

1.3 Tujuan penulisan tugas Akhir

1.3.1 Tujuan Formal

Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk memenuhi syarat akademis dalam menyelesaikan Program Diploma III Jurusan Manajemen Kepariwisataan, Program Studi Manajemen Usaha Perjalanan Wisata di Akademi Pariwisata Medan.



1.3.2 Tujuan Operasional

Tujuan operasional dari penulisan tugas akhir ini adalah aplikasi dari ilmu dan teori serta praktik yang telah penulis dapatkan selama masa perkuliahan dan juga sebagai saran kepada Manajemen P.T Lovely Holidays Tour and Travel.



1.4 Metode Penelitian dan Teknik Pengumpulan Data

1.4.1 Metode penelitian

Metode yang digunakan penulis dalam penelitian yaitu dengan metode penelitian yang mengungkapkan masalah yang ada di perusahaan, mengolah data, menganalisis, meneliti dan menginterprestasikan serta membuat kesimpulan dan memberi saran yang kemudian disusun pembahasannya secara sistematis sehingga masalah yang ada di perusahaan dapat dipahami.



1.2.1 Teknik Pengumpulan Data

a. Observasi

untuk mengetahui dengan jelas permasalahan yang ada di perusahaan, penulis melakukan pengamatan langsung terhadap perusahaan PT. Lovely Holidays Tour and travel khususnya ke Inbound tour department.

b. kuesioner

Penulis memberikan daftar pertanyaan tertulis kepada tamu guna mendapatkan jawaban yang diperlukan sehubungan dengan perusahaan yang diteliti.


c. Studi kepustakaan

Penulis mencari buku – buku dan refrensi pendukung yang berhubungan dengan permasalahan yang ada sehingga dapat dijadikan landasan teori.

d. Wawancara

Penulis melakukan wawancara yang merupakan tanya jawab terhadap responden demi mendapatkan keterangan maupun pendapat mengenai suatu hal dengan pertanyaan terbuka.



1.5 Lokasi dan Waktu penelitian

Penulis melakukan penelitian untuk penulisan tugas akhir di PT. Lovely holidays Tour and Travel yang terletak di jl. Ir. Juanda no. 55 a/b Medan. Adapun waktu yang dipergunakan penulis dalam penelitian pada PT. Lovely Holidays Tour and Travel dimulai dari bulan Mei sampai Juli 2015.

Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi