ASPEK PASAR DAN PEMASARAN Oleh : Kasmir dan Jakfar

Tags:
A. LATAR BELAKANG

Di masa lalu sebelum ilmu pemasaran berkembang dan dikenal secara luas seperti sekarang ini, setiap perusahaan berusaha untuk terlebih dahulu berproduksi sebanyak-banyakny, baru kemudian berusaha untuk menjualnya kembali. Dalam kondisi secara ini mereka tidak peduli dengan kondisi permintaan yang ada, sehingga banyak diantara diantara produsen mengalami kegagalan dan bahkan terus merugi, akan jumlah produksi tidak sesuai dengan jumlah permintaan.

Dalam kaitan dengan studi kelayakan suatu usaha atau proyek, aspek pasar dan pemasaran merupakan salah satu aspek yang paling penting. Hal ini disebabkan aspek pasar dan pemasaran sangat menentukan hidup matinya suatu perusahaan. Apabila aspek pasar dan pemasaran tidak diteliti secara benar,bagaimana prospeknya dimasa yang akan datang,bukan mustahil tujuan perusahaan tidak akan pernah tercapai. Bahkan bukan tidak mungkin kehidupan perusahaan akan terancam.

Oleh karena itu,didalam aspek pasar dan pemasaran,baik untuk perusahaan yang sudah berjalan maupun bagi perusahaan yang baru akan berdiri perlu dilakukan suatu studi tentang kelayakan terlebih dahulu.intinya aspek pasar dan pemasaran adalah untuk mengetahui beberapa besar pasar yang akan dimasuki, struktur pasar dan peluang pasar yang ada,prospek pasar dimasa yang akan datang serta bagaimana strategi pemasaran yang harus dilakukan.



B. TUJUAN PERUSAHAAN DALAM PEMASARAN

Tujuan perusahaan memproduksi atau memasarkan suatu produk,baik perusahaan dagang ataupun jasa selalu berpatokan kepada apa yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut.tujuan perusahaan dalam memasarkan produknya ini dapat bersifat jangka pendek dan jangka panjang.

Secara khusus dalam aspek pasar dan pemasaran bahwa tujuan perusahaan untuk memproduksi atau memasarkan produknya dapat dikategorikan sebagai berikut:

1. Untuk meningkatkan penjualan dan laba

2. Untuk menguasai pasar

3. Untuk mengurangi saingan

4. Untuk menaikan prestise produk tertentu di pasaran

5. Untuk memenuhi pihak-pihak tertentu

Adapun tujuan kegiatan pemasaran suatu produk atau jasa secara umum sebagai berikut:

1. Memaksimumkan konsumsi atau dengan kata lain memudahkan dan merangsang konsumsi

2. Memaksimumkan kepuasan konsumen

3. Memaksimumkan pilihan

4. Memaksimumkan mutu hidup

5. Meningkatkan penjualan barang dan jasa

6. Ingin menguasai pasar dan menghadapi pesaing

7. Memenuhi kebutuhan akan suatu produk maupun jasa

8. Memenuhi keinginan para pelanggan akan suatu produk atau jasa.



C. PENGERTIAN PASAR DAN PEMASARAN

Pasar dan pemasaran merupakan dua sisi yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya.pasar dan pemasaran memiliki tingkat ketergantungan yang tinbggi dan saling mempengaruhi satu sama lainnya. Dengan kata lain, setiap ada kegiatan pasar selalu diikuti oleh pemasaran dan setiap kegiatan pemasaran adalah untuk mencari atau menciptakan pasar.

Pengertian pasar secara sederhana dapat diartikan sebagai tempat bertemunya para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi.pengertian iini mengandung arti pasar memiliki tempat atau lokasi tertentu sehingga memungkinkan pembeli dan penjual bertemu untuk melakukan transaksi jual beli produk baik barang maupun jasa.

Pasar juga dapat diartikan pula sebagai suatu mekanisme yang terjadi antara pembeli dan penjual atau tempat pertemuan antara kekuatan permintaan dan penawaran.

Yang dimaksud dengan permintaan adalah jumlah barang dan jasa yang diminta konsumen pada berbagai tingkat harga pada suatu waktu tertentu.

Factor-faktor yang mempengaruhi permintaan suatu barang dan jasa adalah:

1. Harga barang itu sendiri

2. Harga barang lain yang memiliki hubunga

3. Pendapatan

4. Selera

5. Jumlah penduduk

6. Factor khusus

Yang dimaksud dengan penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang ditawarkan produsen pada berbagai tingkat harga pada suatu waktu tertentu.

Factor-faktor yang mempengaruhi penawaran suatu barang dan jasa adalah:

1. Harga barang itu sendiri

2. Harga barang yang memiliki hubunga

3. Teknologi

4. Harga input

5. Tujuan perusahaan

6. Factor khusus

Adapun jenis struktur pasar yang ada dapat dikelompokkan kedalam:

1. Pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar dimana terdapat sejumlah besar penjual dan pembeli,sehingga tindakan penjual secara individu tidak dapat mempengaruhi harga barang dan jasa.

2. Pasar persaingan monopolistic adalah suatu pasar dimana terdapat banyak penjual atau perusahaan dan memiliki ukuran-ukuran yang relative sama besarnya.

3. Pasar oligopoly adalah sebuah struktur pasar yang hanya terdapat sedikit penjual.

4. Pasar monopoli adalah struktur pasar dimana hanya terdapat satu penjual saja.

Kemudian pengertian pemasaran seperti yang dikemukakan oleh Philip kotler adalah :

Suatu proses sosial dan manajerial dengan nama individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.

Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi