Pembahasan Hasil Penelitian


Berdasarkan analisis terhadap data penelitian diperoleh petunjuk bahwa model Index Card Match (Mencari Pasangan) dapat dijadikan suatu alternative untuk pembelajaran Biologi khususnya dalam materi pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Hal ini dapat diketahui karena model Index Card Match (Mencari Pasangan) dapat diterapkan secara efektif dalam pembelajaran. Efektifitas pembelajaran yang dimaksud dapat dilihat dari uraian beberapa kriteria berikut:

1. Nilai rata-rata hasil belajar siswa

Berdasarkan hasil analisis deskriptif terhadap skor yang diperoleh siswa terlihat bahwa dari 40 siswa terdapat 1 siswa yang mendapat nilai tertinggi yaitu 10 dan 2 orang siswa yang mendapat nilai terendah yaitu 6,3 dengan nilai rata-rata adalah 8,22 ini termasuk kategori baik dan standart deviasi 0,92.

Dengan pembelajaran menggunakan model Index Card Match (Mencari Pasangan) mendapatkan hasil nilai rata-rata dengan kategori baik,hal ini dapat terlihat dari kelebihan model Index Card Match (Mencari Pasangan) yang mengajak siswa untuk belajar aktif,dimana dalam model ini dapat menumbuhkan motivasi dan rasa ingin tahu siswa terhadap pelajaran.

Siswa yang mendapat nilai tertinggi tertarik dengan cara belajar tersebut karena memudahkan siswa dalam memahaminya dan terkesan tidak monoton dan tidak membosankan. Setelah mendapat penjelasan materi dari guru,siswa dituntut untuk bisa menjawab pertanyaan dengan tepat sesuai pilihan jawaban yang sudah ada. Ketepatan dalam menjawab dipengaruhi dengan adanya antusiasme yang tinggi dalam belajar berdampak pada hasil belajar siswa menjadi tinggi.

Siswa yang mendapat nilai terendah kurang memperhatikan penjelasan guru pada saat proses belajar mengajar berlangsung,kurang aktif,kurang berpikir dan kurang memahami materi sehingga menyebabkan rendahnya nilai hasil belajar siswa.

2. Ketuntasan belajar siswa

Berdasarkan hasil analisis perolehan nilai siswa didapat 2 orang siswa yang belum tuntas belajar (5 %),siswa mendapat nilai terendah ini disebabkan kurangnya perhatian pada guru saat proses belajar mengajar berlangsung,kurang aktifnya siswa dalam menjawab pertanyaan dan mencari pasangan,sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa.

Sementara terdapat 38 orang siswa telah tuntas belajar (95%),siswa yang mendapat nilai tertinggi tertarik dengan cara belajar seperti ini karena terkesan tidak monoton dan tidak membosankan. Ketepatan dalam menjawab sangat berpengaruh erat dengan proses belajar yang dilalui siswa serta dalam menemukan jawaban yang tepat sesuai dengan pertanyaan yang ditemukan. Siswa yang tuntas belajar telah mencari pasangan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan yang didapat karena siswa tersebut mampu memahami pertanyaan tersebut. Hal ini dapat juga diketahui bahwa siswa memahami materi dan berpikir kritis saat diajarkan oleh guru.



3. Ketercapaian indikator

Berdasarkan data yang diperoleh terlihat bahwa dari 4 indikator yaitu :

Indikator I : Mengidentifikasi berbagai jaringan pada tumbuhan (85,75%)

Indikator II : Menyebutkan struktur dan fungsi berbagai jaringan tumbuhan (85,5%)

Indikator III : Menggambarkan struktur akar dan batang (78,57%)

Indikator IV : Membandingkan struktur akar dan batang dikotil dan monokotil(75,5%)



Berdasarkan kriteria pencapaian indikator pada Bab III dapat disimpulkan bahwa ketercapaian indikator sudah tercapai. Pencapaian tujuan belajar atau pencapaian kompetensi dapat dilihat dari keberhasilan siswa menunjukkan sejumlah kemampuan yang tergambar dalam indikator hasil belajar. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dengan menggunakan model Index Card Match (Mencari Pasangan) dapat mencapai kesuksesan indikator.

Adapun ringkasan pencapaian efektifitas pembelajaran dengan model Index Card Match (Mencari Pasangan) dapat dilihat pada tabel berikut ini :



Tabel 4.5 Pencapaian Efektifitas Pembelajaran Biologi
No
Kriteria
Keterangan
Kesimpulan
1
Hasil belajar siswa
Baik

Efektif
2
Ketuntasan belajar siswa
Tuntas
3
Ketercapaian indikator
Tercapai

Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan menggunakan model Index Card Match (Mencari Pasangan) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Selama proses pembelajaran siswa saling bekerja sama,berdiskusi untuk menuntaskan tujuan pembelajaran,siswa yang pandai akan membantu siswa yang kurang pandai..

Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi