PENENTUAN PRODUK DAN PROSES PRODUKSI

1. Design Produk/Jasa

Design produk dibuat berdasarkan masukan dari bagian pemasaran dengan dikombinasikan dengan teknologi yang dimiliki.

Tentunya perancangan ini tidak sekali langsung jadi, akan tetapi melalui tahapan uji coba yang berulang-ulang dan cukup lama. Contohnya pesawat terbang. Perusahaan pembuat pesawat terbang meluncurkan pesawat baru, mereka akan melakukan uji – coba selama bertahun-tahun.

Rancangan (design) produk adalah suatu proses yang melibatkan semua bagian di perusahaan, karena produk itu akan dipasarkan ke konsumen dan juga mempengaruhi harga dan biaya produksi. Dengan produk yang sudah disetujui dan mau diluncurkan akan ditentukan keperluan material per unit, harga material per unit, kapasitas SDM yang dperlukan, cara penjualan, harga dan keuntungan yang akan di dapat.

B. Lokasi Produksi Yang Digunakan dan Layout

Penentuan lokasi merupakan hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan dengan baik dan mendalam dengan memperhatikan sumber daya yang mau dipakai sumber daya bahan baku, sumber daya manusia, transportasi dampak terhadap lingkungan sekitar dan lainnya. Lokasi sebuah perusahaan adalah untuk jangka panjang dan investasi awal pembangunan gedung selalu mahal serta tidak dapat dengan mudah dipindahkan dan dijual kembali.

Begitu juga uuntuk produk jasa, penentuan lokasi sangat penting, sehingga menjadikannya sebagai salah satu P yakni Physical Apperance. Konsumen sendiri yang akan datang menikmati jasa ditempat.


Penentuan lokasi perusahaan didasarkan akan pertimbangan berikut :

a. Dekat dengan sumber bahan baku yang akan diproduksi terutama untuk usaha-usaha di bidang produksi bahan sumber daya alam, maka akan sangat penting bila perusahaan mendekatkan lokasi dengan sumber daya alam yang ada.

Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi