Sebab-Sebab Meningkatnya Globalisasi

Adapun sebab-sebab meningkatnya globalisasi adalah terjadinya perubahan politik dunia, adanya aliran informasi yang begitu cepat serta berkembang pesatnya perusahaan-perusahaan multi nasional.

a. Perubahan Politik Dunia Menurut Anthony Gidden, ada sejumlah pengaruh politik yang menjadi kekuatan penggerak dibalik meningkatnya globalisasi. Pertama, runtuhnya komunisme ala Soviet melalui serangkain revolusi dramatis di eropa timur pada tahun 1989, yang berpuncak pada bubarntya Uni Soviet itu sendiri pada tahun 1991 dan runtuhnya komunisme memperkuat proses globalisasi dan juga harus dilihat sebagai akibat dari proses globalisasi itu sendiri. Kedua, munculnya mekanisme pemerintahan internasional dan regional Uni Eropa merupakan bentuk pemerintahan Transtional. Masin-masing Negara anggota melepaskan kedaulatannya dalam tingkat tertentu. Ketiga, munculnya berbagai organisasi antar pemerintahan dan organisasi non pemerintahan internasional.

b. Aliran Informasi Yang Cepat Dan Luas Pergeseran kecakrawala berfikir global ini memiliki dua dimensi : Pertama sebagai anggota masyarakat global. Orang semakin merasa bahwa tanggung jawab social tidak berhenti pada level nasional. Kedua cakarawala berfikir global menunjukkan bahwa orang makin melihat kesumber-sumber lain daripada Negara dalam merumuskan rasa identitas mereka sendiri.

c. Berkembang Pesatnya Perusahaan-perusahaan Transnasional. Perusahaan transnasional adalah perusahaan yang memproduksi barang atau jasa lebih dari satu Negara. Merupakan jantung perekonomian global. Perekonomian elektronik adalah factor lain yang memperkokoh globalisasi ekonomi.

d. Sikap selektif terhadap globalisasi. Merupakan suatu sikap yang menunjukkani pengaruh globalisasi tanpa menghilangkan jati diri kepribadian bangsa guna mewujudkan dan menerima pengaruh globalisasi didasarkan pada pancasila yang memiliki kedudukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Hal ini dapatdikaitkan dengan:

· Pancasila sebagai dasar Negara Pancasila mempunyai kekuatan mengikat secara hukum sehingga semua peraturan hukum atau dasar yang bertentangan dengan pancasila harus dicabut.

· Pancasila sebagi jiwa dan kepribadian Bangsa Pancasila sebagai kristalisasi nilai-nilai budaya bangsa dan digali dari bumi Indonesia yang telah dibina sejak lama. Pancasila merupakan corak dan cirri khas yang membedakan Bangsa Indonesia dengan Bangsa lain.

· Pancasila sebagai pandangan hidup Bangsa Pancasila mempersatukan dan memberi petunjuk dalam mencapai kebahagiaan lahir dan batin. Pancasila merupakan pedoman tingkah laku bagi warga Negara Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, bebangsa dan bernegara.

Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi