CARA CERMAT SEBELUM MENGIRIM LAMARAN

Sumber informasi lowongan kerja bermacam-macam, bisa dari saudara, teman, atau dari berbagai bentuk media informasi, seperti internet, email, televisi dan media cetak. Khusus iklan lowongan kerja dimedia cetak, ada beragam bahasa, tampilan dan tingkat kedetailan informasi dipublikasikan.

Yang menggunakan bahasa inggris ada, yang berbahasa indonesia pun sangat jamak. Tampilannya ada yang menarik, tak sedikit pula biasa-biasa saja.

Namun, yang lebih penting dari semua itu adalah kedetailan informasi yang disampaikan. Dengan informasi rinci itu, orang yang hendak melamar pun tau apakah lowongan itu cocok atau tidak.

Ketika anda membaca lowongan pekejaan dan ingin mencoba menulis surat lamaran, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu apakah persyaratan dan kriteria yang dicantumkan dapat dipenuhi. Sekedar mengingatkan, berdasarkan pengalaman,


7. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika hendak menulis surat

lamaran, diantaranya :

1.Posisi yang dibutuhkan. Dengan mengetahui posisi atau bidang pekerjaan, bisa diketahui sesuai tidaknya posisi itu dengan kemampuan anda. Sebaiknya preoritaskan lowongan pekerjaan yang jelas posisi atau bidang pekerjaannya.

2.Persyaratan. Persyaratan yang dikemukakan termasuk hal utama mesti dipertimbangkan sebaiknya, pilih lowongan pekerjaan yang persyaratannya bisa dipenuhi ini agar anda mendapat peluang atau preoritas lebih besar untuk lolos dalam proses seleksi.

Bahasa. Bahasa yang digunakan pun terkadang bisa menunjukkan suatu persyaratan yang tersirat atau tak tertulis dalam iklan. Bila iklan lowongan

3.Pekerjaan menggunakan bahasa inggris, misalnya calon pelamar sebaiknya menguasai bahsa inggris secara pasif maupun aktif

4.Jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan. Apabila posis yang diinginkan dalam iklan sesuai dengan kemampuan anda, sebaiknya tengok juga berapa jumlah tenaga yang dibutuhkan. Tujuannya, untuk memperkirakan peluang lolos. Kemungkinan lolos semakin besar bila jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk posisi tertentu semakin banyak.

5.Nama perusahaan. Dalam iklan lowongan kerja, ada perusahaan mencari tenaga kerja yang mencantumkan nama perusahaan, adapula yang tidak.kejelasan nama perusahaan paling tidak bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk menulis dan mengirimkan surat lamaran.

6.Masa penerimaan lamaran. Sebaiknya, serahkan atau kirimkan surat lamaran sesuai batas waktu yang diberikan. Apabila dalam iklan tidak tercantum batas akhir penyerahaan atau pengiriman lamaran, sebaiknya surat lamaran diserahkan atau dikirimkan hari itu juga.

7.Alamat lamaran. Dengan mengetahui alamat perusahaan pemasang iklan, anda akan lebih mudah menghubunginya untuk meminta informasi. Namun, pada kenyataanya ada perusahaan yang tidak mencantumkan alamat perusahaannya. Sebagai pengganti, dalam iklan akan dicantumkan PO BOX, no faxsimil, atau alamat email untuk pengiriman lamaran.

8.Cara pengiriman lamaran. Apabila dalam iklan tidak dicantumkan cara pengiriman surat lamaran, tetapi alamat perusahaan pencari tenaga kerja dicantumkan dengan jelas, sebaiknya serahkan secara sendiri surat lamaran anda. Keuntungan cara ini, anda bisa melihat secara langsung keadaan, bonafiditas dan prospektifitas perusahaan. Namun, bila alamat itu tidak dicantumkan apa boleh buat anda cuma bisa mengirimkan lamaran via kotak pos, faxsimil atau email.

Mudah-mudahan dengan mencermati isi sebuah iklan lowongan pekerjaan, kekecewaan akibat salah kirim surat lamaran tidak terjadi. Syukur bila dari iklan di media cetak, anda diterima sebagai karyawan baru disebuah perusahaan.

Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi