LATAR BELAKANG PSG

Pendidikan Sistem Ganda sebagai pranata utama pembagunan sumber daya manusia, harus secara jelas berperan membentuk peserta didik menjadi aset bangsa, yaitu menjadi manusia produktif dan berpenghasilan yang mampu menciptakan produk unggul Industri Indonesia.

Berdasarkan tuntutan tersebut dan mempelajari keadaan sekarang serta prinsip penguasaan keahlian profesi, Kementrian Pendidikan Nasional telah menetapkan kebijakan Link and Match melalui pendekatan Pendidikan Sistem Ganda pada sekolah menengah kejuruan.

PSG adalah suatu cara menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kejuruan khususnya pada Sekolah Menengah Kejuruan yang memadukan kegiatan belajar di sekolah dan kegiatan belajar langsung pada bidang serta suasana yang sesungguhnya dan relevan di lapangan kerja. Ada dua hal yang perlu di catat dalam pengertian di atas, yaitu:

w PSG hanya dapat dilaksanakan dengan melibatkan dua pihak; dunia pendidikan (SMK) dan pihak dunia kerja (industri).

w Dalam PSG, penguasaan kemampuan oleh siswa diperoleh melalui kegiatan belajar-mengajar (learning and teaching prosess) di sekolah dan melalui kegiatan bekerja langsung (learning by experience) dilapangan kerja.

Harapan dari kegiatan ini adalah selain dapat meningkatkan keahlian profesional siswa juga melatih diri agar memiliki etos kerja yang meliputi: kemampuan kerja, motivasi kerja inisiatif, kreatifitas dan hasil kerja yang berkualitas.



B. TUJUAN PKL

w Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian berkualitas; yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, ketrampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan lapangan kerja.

w Memperkokoh Link and match antara sekolah Menengah Kejuruan dan dunia kerja.

w Meningkatkan efisien proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas.

w Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai dari proses pendidikan.



C. GARIS-GARIS BESAR ISI LAPORAN

a. Bab I Pedahuluan

· Latar belakang PKL

· Tujuan PKL

· Garis-garis besar laporan

b. Bab II Tinjauan Tentang Perusahaan

· Sejarah ringkas PT. WASKITA KARYA (Persero)

· Tujuan PKL

· Garis-garis Besar laporan

c. Bab III Kegiatan Praktikum

· Kegiatan Praktikum

d. Bab IV Penutup

· Kesimpulan

· Saran

Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi