Sejarah Hari Kesaktian Pancasila


hari kesaktian pancasila

Indoberita.com – Sejarah Hari kesaktian Pancasila 1 Oktober. Besok pada Kamis 1 Oktober 2015 di Monumen Pancasila Sakti , Lubang Buaya , Jakarta Timur. Akan di gelar puncak hari Peringatan Kesaktian Pancasila , dan Presiden RI Joko Widodo atau di kenal dengan sebuta Jokowi di jadwalkan akan hadir dan sekaligus bertindak sebagai Inspiktur upacara yanga akan di mulai pukul 08.00 WIB.

Sejarah singkat di tetapkannya 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Untuk mengenang kejadian dan korban atas tindakan kekarasan yang di lakukan saat tejadinya G 30 S PKI 1965 yang mencoba merongrong kemperintahan Indonesia yang berasaskan Pancasila untuk di ganti dengan paham Nasakom.

Puncak dari kudeta yang coba di lakukan PKI pada tanggal 30 September 1965 dini hari melalukan penculikan dan pembunuhan terhadap beberapa para perwira Jenderal yang di nilai memiliki kekuasaan tinggi saat itu. Dengan Komandan Batalyon I Cakrabirawa yang di pimpin Letnan Kolonel Untung Syamsuri , usaha Kudeta yang di pimpin DN. Aidit melakukan tindakan keji dengan melakukan aksi penculikan dan pembunuhan kapada 6 jenderal senior Angkatam Darat. Tiga diantaranya seperti DI Panjaitan, Ahmad Yani dan MT Haryono teas di tempat sementara jenderal-jenderal lainnya seperti S. Parman, Soeprapto, dan Sutoyo Siswomiharjo di bawa oleh pemberontak dalam keadaan hidup-hidup. 
Sumber :http://www.indoberita.com/2015/09/3024087/sejarah-hari-kesaktian-pancasila-1-oktober-2015-presiden-jokowi-akan-jadi-inspektur-upacara/

Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi