MATERI KULIAH METODE PENELITIAN KOMUNIKASI

Pengertian metode penelitian sosial adalah proses kegiatan mengungkapkan secara logis, sistematis, dan metodis gejala yang terjadi di sekitar kita yang direkontruksi guna mengukap kebenaran yang berguna bagi masyarakat dan ilmu pengetahuan.

Pengertian metode penelitian komunikasi adalah merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan dengan tujuan dan kegunaan tertentu secara empiris, teoritis, kumulatif dan nonetis dalam bidang komunikasi.

Manfaat kerangka teori dan kerangka konsep :

Kerangka Teori :

  1. Memberikan acuan kepada peneliti di dalam pembahasan penelitian
  2. Pedoman untuk menyusun indikator variabel
  3. Menggambarkan sistematik penelitian
Kerangka  Konsep :
  1. Pedoman menyusun kuesioner, observasi dan wawancara
Metode penelitian deskriptif dan korelasional dari persfektif  dan kualitatif

Metode penelitian deskriptif kualitatif adalah untuk mengungkap fakta, keadaan fenomena dan variabel  dan keadaan yang terjadi saat penelitian berjalan dan menyuguhkan apa adanya.

Metode penelitian deskriptif kuantitatif adalah menjelaskan hubungan antar variabel dengan menganalisis data numerik (angka) menggunakan metode statistik melalui pengujian hipotesa.

Metode penelitian korelasional kualitatif adalah suatu penelitian untuk mengetahui hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih tanpa ada upaya untuk mempengaruhi variabel tersebut sehingga tidak terdapat manipulasi variabel

Metode penelitian korelasional kuantitatif adalah untuk mengetahui hubungan atau tingkat hubungan antara dua variabel dengan menganisis data atau angka.

apa itu pengertian konsep dalam penelitian adalah untuk menggambarkan gejala secara abstrak contohnya sebuah kejadian.

Apa itu populasi : Keseluruhan subjek penelitian yang terdiri dari manusia, benda-benda, hewan, tumbuh-tumbuhan, gejala-gejala, peristiwa sebagai sumber data yang dimiliki.

Apa itu sampel : Sebagian atau wakil dari populasi yang di teliti

Abstrak adalah : gambaran menyeluruh suatu penelitian yang dibuat secara ringkas.

Apa itu indevenden Variabel ?

Independen Variabel atau variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi atau sebab perubahan timbulnya variabel terikat (Devenden variabel).

Proses sampel adalah teknik pengembilan sampel secara sengaja oleh peneliti sesuai dengan kriteria sampel yang akan diambil.

Cara menentukan besarnya sampel :

Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi