Komunikasi Dan Fungsi Komunikasi

 Komunikasi

Komunikasi tidak dapat dilepaskan dari aktivitas kehidupan manusia, melalui komunikasi manusia dapat bertukar pikiran. Dalam buku “Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi” tahun 2009 halaman 5-6 diakses pada 26 maret 2012 Adapun beberapa definisi komunikasi dari para pakar, sebagai berikut :


1. Komunikasi adalah proses yang menggambarkan siapa mengatakan apa dengan cara apa, kepada siapa dengan efek apa (Laswell).


2. Komunikasi adalah suatu proses sosial, dalam arti pelemparan pesan/lambang yang mana mau tidak mau akan menumbuhkan pengaruh pada semua proses dan berakibat pada bentuk perilaku manusia dan adapt kebiasaan (William Albig).


3. Komunikasi merupakan proses pengalihan suatu maksud dari sumber kepada penerima, proses tersebut merupakan suatu seri aktivitas, rangkaian atau tahap-tahap yang memudahkan peralihan maksud tersebut (A. Winnet).


Dari tiga teori umum tentang komunikasi diatas, dapat di simpulkan bahwa komunikasi adalah suatu proses aktifitas sosial yang bertujuan untuk memberikan sebuah perilaku, kebiasaan, ataupun pengaruh yang ingin disampaikan dari sumber kepada penerima dengan suatu cara.


Menurut Harold Lasswell dapat diturunkan lima unsur komunikasi yang saling bergantung satu sama lain, yaitu: Pertama Sumber (source), Pengirim (sender), Penyandi (encode), komunikator (communicator), pembicara (speaker) atau originator. Sumber adalah pihak yang berinisiatif atau mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi. Sumber boleh jadi seorang individu, kelompok, organisasi, perusahaan atau bahkan suatu negara.

Lalu ada pesan yang akan disampaikan, yaitu apa yang dikomunikasikan oleh sumber kepada penerima. Pesan merupakan seperangkat simbol verbal dan atau nonverbal yang mewakili perasaan, nilai, gagasan atau maksud sumber tadi. Selanjutnya saluran atau media, yakni alat yang digunakan sumber untuk menyampaikan pesannya kepada penerima, pesan yang digunakan dapat berupa verbal maupun nonverbal. Ada penerima yang sering disebut sasaran atau tujuan, penyandi, audience, dan pendengar yaitu orang yang menerima pesan dari sumber. Yang terakhir yaitu efek yang di terima oleh pendengar seperti penambahan pengetahuan, merasa terhibur, perubahan sikap dan perubahan perilaku (Mulyana,2007:69)


2.1.2 Fungsi Komunikasi


Dalam buku Ilmu komunikasi karangan Deddy Mulyana pada tahun 2007, terdapat 4 fungsi komunikasi yang dikemukakan oleh William I. Gorden.

· Fungsi pertama : Komunikasi Sosial

Fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial setidaknya mengisyaratkan bahwa komunikasi penting untuk membangun konsep diri kita, untuk kelangsungan hidup, berkomunikasi untuk menghibur dan memupuk hubungan dengan orang lain. George Herbert Mead mengatakan setiap manusia mengembangkan konsep dirinya melalui interaksi dengan orang lain dalam masyarakat dan itu dilakukan lewat komunikasi.



· Fungsi Kedua : Komunikasi Ekspresif

Erat kaitannya dengan komuniaksi soisal adalah komunikasi ekspresif yang dapat dilakukan baik sendirian ataupun dalam kelompok. Komunikasi ekspresif tidak otomatis bertujuan mempengaruhi orang lain, namun dapat dilakukan sejauh komunikasi tersebut menjadi instrumen untuk menyampaikan perasaan-perasaan atau emosi kita.


· Fungsi Ketiga : Komunikasi ritual

Komunikasi ritual merupakan komunikasi yang menunjukan ekspresi dari seseorang maupun komunitas, contohnya seperti suatu komunitas sering melakukan upacara-upacara seperti ulangtahun dengan menyanyikan lagu Happy Birthday, Pernikahan dengan mengucapkan ijab –qabul, dan seperti berdoa (sholat, sembahyang, misa).



· Fungsi Keempat : Komunikasi Instrumental

Komunikasi instrumental mempunyai sifat membujuk atau persuasif. Komunikasi yang berfungsi memberitahukan atau menerangkan mengandung muatan persuasif dalam arti bahwa pembicara menginginkan pendengarnya mempercayai bahwa fakta atau informasi yang disampaikannya akurat dan layak diketahui (Mulyana,2007:5).


Dilihat dari beberapa fungsi komunikasi dapat diambil kesimpulan bahwa fungsi komunikasi yaitu cara untuk berkomunikasi dengan siapa, dengan cara apa dan kapan. Lewat komunikasi orang berusaha mendefinisikan sesuatu, Komunikasi memang sangat membantu manusia dalam menyampaikan sesuatu atau keinginan nya tetapi manusia tidak hanya butuh berkomunikasi sesama manusia namun dengan Tuhan nya juga, selain itu komunikasi juga dapat membuat manusia menjadi makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain.

Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi