Tentang Otak Kanan

Otak Kanan....?
Mari kita bedah otak kita. Jika kita benar-benar melakukannya, maka kita akan menemukan dua bagian otak yaitu otak kiri dan otak kanan, di samping otak bawah sadar tentunya. Otak kiri terkait dengan IQ (Intelligent Quotient), logis, analitis, realistis, linier. Bertolak belakang dari hal tersebut, otak kanan terkait dengan EQ (Emotion Quotient), intuitif, artistik, imajinatif, lateral. Lalu, manakah yang lebih penting, otak kiri atau otak kanan? Tentu saja dua-duanya penting, kalau tidak buat apa Tuhan memberikan otak kiri clan otak kanan.

Masalahnya, sudah dari sejak kecil kita hanya melatih otak kiri kita. Buktinya, pelajaran matematika lebih penting daripada pelajaran menggambar. Jam pelajaran untuk fisika lebih banyak dibandingkan dengan jam pelajaran kesenian. Kebanyakan sekolah hanya fokus kepada hal-hal yang bersifat logis, analitis, dan realistis. IN yang membuat otak kiri kita makin menggelembung, sementara otak k1nan kita makin kurus karena hanya mendapat sedikit nutrisi. Budaya pendidikan seperti itulah yang membuat otak kanan kita susah diajak bekerja. Akhirnya, itu yang membuat kita miskin ide. Mengapa? Ide-ide clan gagasan yang inovatif selalu lahir dari otak kanan!

Lalu, apa yang harus kita lakukan agar kita menjadi orang yang kaya ide, kaya inovasi, bahkan membuat terobosan-terobosan yang selama ini tidak pernah dipikirkan oleh orang lain? Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus mulai melatih otak kanan kita. Berikut ini ada beberapa tips praktis yang bisa kita coba untuk melatih otak kanan kita. Jangan berpikir terus, ambillah waktu untuk melamun (berimajinasi). Bekerjalah sambil mendengarkan lagu. Untuk hal-hal sepele, sesekali ambillah keputusan berdasarkan intuisi, jangan dengan logika. Jangan menulis terus, menggambarlah. Lakukan game sederhana ini : acungkanlah jempol tangan kiri clan kelingking tangan kanan, sambil menyorongkan kedua belah tangan ke arah kanan, clan lakukan yang sebaliknya. Pesan tersirat tulis4n ini, Tuhan mengaruniakan otak kiri dan otak kanan agar kita bisa memaksimalkannya dengan seimbang. • Kwik

Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi