Belajar Photograpy Shutter Speed


Shutter Speed

Shutter speed adalah alat yang digunakan untuk mengatur kecepatan cahaya yang masuk untuk menyinari film, dibuat dari bahan metal yang tipis dan kuat yang dinamakan shutter blade. Cara kerja dari shutter blade itu sendiri adalah membuka dan menutup kembali. Pada saat shutter blade terbuka maka cahaya akan masuk dan menyinari film/sensor. Kecepatan membuka dan menutup kembali shutter blade itulah yang dinamakan shutter speed. Ukuran kecepatan rana saat membuka dan menutup kembali dihitung dalam pecahan detik seperti 1, 1/2, 1/4, 1/8, 1/15, 1/30, 1/60, 1/125, 1/250, 1/500, 1/1000, 1/2000, 1/4000, 1/8000. Namun yang tertera pada kamera tidak berupa pecahan yaitu : 1, 2, 4, 8, 15, 30, 60, 125, 250, 500, 1000, 2000, 4000, 8000. Selain angka angka diatas ada satu lagi yaitu "B" yang berarti Bulb yang kecepatannya tergantung dari saat kita menekan dan melepaskan tombol pelepas rana. Jadi saat kita menekan tombol maka rana terbuka, saat kita melepas tombol rana tertutup.

Pada kamera-kamera SLR jenis yang lebih modern yang memiliki fasilitas setting aperture dan shutter speed secara otomatis, angka-angka kecepatan lebih bervariasi dan kadang-kadang tidak memiliki "B" namun diganti dengan lambang " -- " yang berarti kecepatan tidak dibatasi. Selain itu speed lambatnya tidak hanya sebatas 1 detik, namun bisa sampai dengan 30 detik. Dengan shutter speed seperti ini berarti sudah lebih dari cukup untuk menggantikan fungsi fasilitas Bulb pada kamera manual yang kadang merepotkan apabila membutuhkan shutter speed yang sangat lambat.Semakin lambat shutter speed, semakin lama sensor terkena cahaya dan gambar semakin terang. Semakin cepat shutter speed, semakin kurang waktu sensor terkena cahaya dan gambar semakin gelap.

II.2. Aperture

Aperture adalah bukaan diafragma, yang dibuat dari lempengan lempengan logam yang tipis yang dapat mengatur besar kecilnya lubang diafragma pada lensa dengan cara memutar ring diafragma pada lensa. Khusus untuk lensa-lensa seri G, tidak memiliki ring pengatur diafragma, bukan berarti lensa ini tidak memiliki pengatur diafragma, namun bukaan diafragma diatur secara elektronik melalui kamera. Fungsi dari diafragma adalah mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk melalui lensa. Serta menentukan ruang tajam yang dipilih. Pemilihan diafragma inipun sangat dipengaruhi oleh kekuatan cahaya yang menyinari obyek, kecepatan Film (ASA atau ISO) serta shutter speed yang dipilih.

Ukuran diafragma pada lensa dilambangkan dengan f/angka, seperti f/1.2; f/1.4; f/1,8; f/2.8; f/4; f/5,6; f/8; f/11; f/16; f/22. namun yang tercantum pada ring lensa hanya angka-angkanya saja tanpa f/ misalnya 1.2; 1,4; 2.8; 4; 5,6; 8; 11; 16; 22. Jangan salah dalam mengartikan angka-angka tersebut, sebab angka-angka ini menunjukan kebalikan daripada besar diafragma pada lensa. misalnya f/2.8 berarti bukaan diafragmanya lebih besar dari f/16. Khusus untuk lensa-lensa jenis tertentu (biasanya pada lensa AF) besar diafragma bisa lebih kecil lagi seperti f/32. Semakin besar aperture, semakin banyak cahaya yang masuk dan gambar semakin terang. Semakin kecil aperture, semakian sedikit cahaya yang masuk dan gambar semakin gelap. Ilustrasi bukaan diafragma ditunjukkan pada Gambar 3.1.

Saat menggunakan mode P, kamera akan menentukan setting aperture dan shutter speed secara otomatis. Hubungan antara aperture dan shutter speed yang bersesuaian ditunjukkan pada Gambar 3.2.


II.3. Mode Dial

Pada kamera digital SLR pengaturan shutter speed dan aperture dapat dilakukan menggunakan mode dial. Pada umumnya mode dial yang ada adalah P, S, A dan M. Setiap mode menawarkan beberapa setting handal, mencakup exposure, white balance, dan optimasi gambar. Masing-masing mode memberikan control yang berbeda untuk shutter speed dan Aperture.
Tabel 3.1. Mode P, S, A dan M pada Mode dial.
Mode
Deskripsi
P
Programmed Auto
Kamera mensetting shutter speed dan aperture secara optimal. Mode ini biasanya digunakan bila waktu untuk mensetting shutter speed dan aperture yang diperlukan singkat.
S
Shutter-Priority Auto
Kamera akan mengatur aperture untuk hasil optimal. Mode ini digunakan untuk menghentikan gerak atau mengkaburkan gambar.
A
Aperture-Priority Auto
Kamera mengatur shutter speed untuk hasil optimal. Mode ini digunakan untuk mengkaburkan background ataupun untuk membuat subjek dan background menjadi fokus.
M
Manual
User mengatur shutter speed dan aperture secara manual.

Berikut ini adalah contoh hasil pemotretan dengan shutter speed dan aperture yang diubah-ubah. Shutter speed yang tinggi dapat digunakan untuk membekukan gerak air yang jatuh. Aperture yang besar dapat digunakan untuk mengkaburkan background.


III. Peralatan yang Digunakan
Sebelum praktikum dimulai persiapkan peralatan yang dibutuhkan: camera body Nikon D80, Lensa Zoom, Kartu Memori SD Card dan Baterai Kamera.
IV. Langkah-Langkah Percobaan.
            Pada praktikum ini mahasiswa akan mencoba menggunakan mode dial P, S, A dan M.
·         Mode Dial P (Programmed Auto)
Pada mode ini kamera akan memilih shutter speed dan aperture agar gambar optimal pada berbagai kondisi. Mode ini direkomendasikan untuk foto snapshot. Untuk mengambil gambar dengan mode ini, ikuti prosedur berikut ini:
  1. Putar mode dial ke P.
  1. Arahkan kamera dan ambil gambarnya.
Pada mode ini kombinasi yang berbeda antara shutter speed dan aperture dapat dipilih dengan memutar main command dial. Putar command dial ke kanan untuk memperbesar aperture (f/-number kecil), detail background samar atau shutter speed yang cepat (membekukan gerak). Putar command dial ke kiri untuk memperkecil aperture (f/-number besar), memperbesar depth of field atau memperkecil shutter speed untuk membuat gerakan menjadi berbayang. Untuk kembali ke setting default putar command dial sampai indikator P tidak ditampilkan, pilih mode lain atau matikan kamera.

Tugas:
  1. Periksa saklar pemilih fokus pada lensa dan kamera berada pada posisi M (manual).
  2. Nyalakan kamera, putar mode dial pada posisi P dan ambillah satu gambar.
  3. Untuk subjek yang sama, putar tombol main command dial ke arah kanan dan perhatikan angka shutter speed dan aperture pada viewfinder. Bila angka pada shutter speed dan aperture sudah tidak berubah ambillah satu gambar.
  4. Putar command dial ke arah kiri dan perhatikan tanda P pada control panel, putar sampai angka pada shutter speed dan aperture tidak berubah. Lakukan pengambilan gambar sekali lagi.
  5. Dari foto-foto yang didapat, berikan analisa Anda.


·         Mode S (Shutter-Priority Auto)
Pada mode ini shutter speed dapat dipilih pada range 30s sampai 1/4000s, sementara kamera akan secara otomatis memilih nilai aperture untuk mengoptimalkan gambar. Shutter speed yang lambat digunakan untuk membuat bayangan pada subjek bergerak, sedangkan shutter speed yang cepat digunakan untuk membekukan gerak subjek. Untuk mengambil gambar dengan mode ini lakukan langkah-langkah berikut:
  1. Putar mode dail ke S
  1. Putar main command dial untuk memilih shutter speed yang diinginkan. 
  1. Arahkan kamera, tentukan fokus dan ambil gambar.
  2. Lakukan pengambilan gambar untuk nilai shutter speed:

·         Mode A (Aperture-Priority Auto)
Pada mode ini anda dapat memilih nilai aperture dari minimal sampai maksimal, sedangkan kamera akan menentukan nilai shutter speed secara otomatis untuk menghasilkan gambar yang optimal. Apertur yang kecil digunakan untuk memfokuskan background dan subjek, juga meningkatkan depth of field. Nilai aperture yang besar digunakan untuk menghaluskan background. Lakukan langkah-langkah berikut:
1.      Putar mode dial ke mode A

2.      Putar sub-command dial untuk memilih nilai aperture yang diinginkan.

3.      Arahkan kamera, tentukan fokus dan ambil gambar.

Depth of field merupakan jarak dimana objek di depan dan di belakang titik fokus tampak fokus. Field depth yang pendek pada umumnya digunakan untuk mode Portrait – mengkaburkan detail background, sedangkan field depth yang panjang digunakan untuk mode Landscape dimana background dan subjek menjadi fokus. Field depth dipengaruhi oleh focal length pada lensa kamera. Untuk menampilkan depth of field, tekan dan tahan tombol depth of field preview. Lensa akan berhenti pada nilai aperture saat ini, dan nilai depth of field akan ditampilkan pada viewfinder.
·         Mode M (Manual)
Pada mode ini anda dapat mengatur nilai shutter speed dan aperture. Shutter dapat membuka untuk waktu yang lama (bulb). Untuk mengambil gambar dengan mode ini lakukan langkah-langkah berikut:


  1. Putar mode dial ke M
  1. Putar main commad dial untuk memilih nilai shutter speed, dan putar sub-command dial untuk mengatur nilai aperture.
  1. Arahkan kamera, tentukan fokus dan ambil gambar.
Shutter speed bernilai ”bulb” atau ”--” dapat digunakan untuk mengambil gambar cahaya bergerak dan tampilan malam hari dengan exposure yang panjang. Disarankan untuk menggunakan tripod dan remote control untuk mencegah kamera shake.
Shutter Speed
Deskripsi
Bulp
Shutter akan tetap terbuka saat tombol shutter-realese masih ditekan.
--
Shutter akan terbuka saat tombol shutter ditekan pertama kali dan akan tertutup saat tombol shutter ditekan kedua kalinya.

Untuk mencegah hilangnya daya saat gambar sedang diambil, gunakan baterai yang sudah di-charge penuh atau optional AC adapter. Saat pengambilan gambar dengan long exposure dapat terjadi noise, aktifkan Long exp. NR pada shooting menu.

Tugas:
Lakukan pemotretan dengan mode M untuk kondisi Backlit:
Shutter Speed
Aperture
4
5,6
10
2,5



5



10



Dari Hasil pengamatan Anda, berikan analisa perubahan shutter speed dan aperture pada mode M.
Lakukan pemotretan untuk kondisi Normal:
Shutter Speed
Aperture
5,6
10
16
5



10



25




Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi