MANAJEMEN SEDIAAN SEDIAAN UNTUK PERMINTAAN BEBAS

Manajemen sediaan merupakan tanggung jawab operasi yang penting karna ia cukup besar mempengaruhi kebutuhan modal,biaya, dan pelayanan konsumen.Bab ini memberikan suatu tinjauan atas manajemen sediaan bersama-sama dengan metode tertentu manajemen sediaan untuk permintaan bebas. Manajemen sediaan berada diantara fungsi manajemen operasi yang paling penting karna sediaan membutuhkan modal yang sangat besar dan mempengaruhi pengiriman barang kepada pelanggan. Manajemen sediaan memiliki dampak pada semua fungsi usaha,terutama operasi,pemasaran,dan keuangan.

Pokok-pokok penting yang ada didalam bab ini mencakup hal-hal berikut:

Ø Sediaan adalah stok bahan yang digunakan untuk mempermudah produksi atau untuk memuaskan permintaan pelanggan. Sediaan termasuk bahan baku, barang dalam proses, dan barang jadi.

Ø Tujuan sediaan adalah untuk melepaskan berbagai fase operasi. Sediaan bahan baku melepaskan seorang pengusaha manufaktur dari penjualannya, sediaan barang dalam proses melepaskan berbagai tahap pabrikasi satu sama lain dan sediaan barang jadi melepaskan seorang pengusaha manufaktur dari pelanggannya. Ada 4 alasan untuk mengadakan sediaan. 1. Untuk berlindung dari ketidak pastian.2 . untuk memungkinkan produksi dan pembelian ekonomis. 3. Untuk mengatasi perubahan yang diantisipasi dalam permintaan dan penawaran. 4. Menyediakan untuk transit.

Ø Persoalan keputusan dalam manajemen sediaan mencakup apa yang diadakan, berapa banyak dipesan ,dan tipe sistem kendali apa yang digunakan. Aturan keputusan menetapkan berapa banyak dipesan dan kapan. Dalam perhitungan aturan keputusan , ada empat tipe biaya sediaan untuk dipertimbangkan ; biaya satuan barang , biaya pemesanan (persiapan) ,biaya pengadaan (penanganan) dan biaya kehabisan stok. Biaya-biaya yang relevan untuk dimasukkan adalah biaya-biaya yang bervariasi dengan keputusan yang dibuat.

Ø Permintaan bebas dan tidak bebas. Permintaan bebas dipengaruhi oleh kondisi pasar diluar kendali fungsi operasi bebas independen dari fungsi operasi. Dan permintaan tidak bebas berkaitan dengan permintaan untuk satuan barang lain dan tidak secara bebas ditentukan oleh pasar. Jika produk-produk dibentuk dari komponen dan rakitan, permintaan akan komponen ini bergantung pada permintaan untuk produk akhir.

Ø Asumsi kuantitas pesanan ekonomis (EOQ) mencakup suatu tingkat permintaan yang konstan, tenggang waktu pesanan yang konstan, waktu persiapan yang tetap, tidak ada kehabisan stok, jumlah pesanan, tidak ada potongan, dan satu produk tunggal. Didalam asumsi yang dibuat , rumus EOQ meminimalkan baik biaya penanganan maupun biaya pemesanan.

Ø Sistem telaah kontinyu memberikan cara untuk menangani permintaan yang acak. Jika posisi stok turun sampai titik pemesanan ulang R, kuantitas tetap Q dipesan. Waktu antara pesanan-pesanan akan bervariasi tergantung pada permintaan yang sesungguhnya. Nilai Q ditetapkan sama dengan EOQ. Nilai didasarkan pada tingkat pelayanan yang diinginkan

Ø Tingakat pelayanan yang tinggi membutuhkan tingkat investasi yang tinggi oleh sebab itu manajemen harus mempelajari hubungan tingkat pelayanan dan investasi sebelum penetapan tingkat pelayanan yang diinginkan. Perputaran optimal sediaan harus didasarkan pada tingkat pelayanan yang diinginkan dan persoalan struktur biaya. Perbandingan rasio perputaran tidak dengan sendirinya memberikan suatu dasar yang sesuai dengan keputusan mengenai tingkat kesediaan.

Ø Sistem kendali sediaan seharusnya melakukan lima hal; menghitung transaksi mengimplementasikan aturan keputusan sediaan, melaporkan pengecualian, meramalkan, dan melapor kepada manajemen puncak. Ada empat tipe dasar sistem kendali sediaan: lumbung tunggal, dua lumbung, arsip kartu, dan komputerisasi. Pilihan antara sistem-sistemini harus didasarkan pada bandingan biaya manfaat.

Kritik saya : dalam bab ini materinya sudah bagus akan tetapi ada kekurangannya yaitu tentang kurva dimana kurva nya tidak ada penjelasannya sehingga si pembaca tidak mengerti akan kurva tersebut.

Kelebihan dari buku ini adalah mareri nya sangat jelas sehingga sipembaca mengerti apa yang ada dibahas didalam bab ini. Semua materinya sudah cukup jelas karna semuanya telah dijelaskan dalam bab ini.sehingga mudah dipahami dan dimengerti oleh sipembaca.


Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi