Perkembangan Jaman di Era Globalisasi

Di era globalisasi, banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan. Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak adanya globalisasi. Sebagai proses, globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia. Oleh karena itu globalisasi tidak dapat kita hindari kehadirannya. Banyak hal-hal baru yang masuk ke Indonesia, hal yang bersifat positif dan juga negatif, baik dari segi politik, ekonomi, sosial dan budaya. Hal-hal yang masuk ke Indonesia tersebut mempengaruhi pemerintah untuk selalu berupaya meningkatkan pengaruh positif dan atau menghilangkan / mengurangi pengaruh negatifnya. Pengaruh negatif dari proses globalisasi kini dirasa sudah sangat meluas terutama masalah remaja yang hampir 80% pengaruhnya bisa dirasakan dari semua pihak. Sedangkan dibidang ekonomi, sekarang banyakproduk – produk luar negeri yang diimpor secara besar-besaran dengan harga lebih murah, sehingga produsen – produsen dalam negeri mengalami keterpurukan dalam produksinya, pedagang – pedagangpun tidak mampu bersaing dengan harga – harga yang ditawarkan. 
Itu hanya sebagian kecil dari dampak globalisasi. Dan yang masih hangat – hangatnya dibicarakan dari dampak globalisasi adalah terjadinya global warming, efek rumah kaca, mencairnya es di kutub – kutub. Kalau di bidang kebudayaan yang sekarang dialami para remaja kita saat ini yang mencampuraduk budaya timur dengan budaya barat Globalisasi adalah suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal batas wilayah. Globalisasi pada hakikatnya adalah suatu proses dari gagasan yang dimunculkan, kemudian ditawarkan untuk diikuti oleh bangsa lain yang akhirnya sampai pada suatu titik kesepakatan bersama dan menjadi pedoman bersama bagi bangsa- bangsa di seluruh dunia. (Menurut Edison A. Jamli dkk. Kewarganegaraan.2005). Menurut pendapat Krisna (Pengaruh Globalisasi Terhadap Pluralisme Kebudayaan Manusia di Negara Berkembang.internet.public jurnal.september 2005). Proses, globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia. Oleh karena itu globalisasi tidak dapat kita hindari kehadirannya. Kehadiran globalisasi tentunya membawa pengaruh bagi kehidupan suatu negara termasuk Indonesia. 
Pengaruh tersebut meliputi dua sisi yaitu pengaruh positif dan pengaruh negatif. Pengaruh globalisasi di berbagai bidang kehidupan seperti kehidupan politik, ekonomi, ideologi, sosial budaya dan lain- lain akan mempengaruhi nilai- nilai nasionalisme terhadap bangsa. Dengan adanya globalisasi yang mulai mempengaruhi dan masuk ke lingkup nasionalisme, maka diperlukan adanya suatu tindakan preventif dan filtrasi yang dipandang ampuh dalam meminimalisir dampak yang ditimbulkan oleh pengaruh globalisasi yang kini mulai mengikis semangat nasionalisme. 1.2 Rumusaan Masalah Dari latar belakang di atas,dapat diketahui rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana pengaruh adanya globalisasi dibidang sosial budaya? 2. Bagaimana pengaruh globalisasi dibidang hankam? 3. Bagaimana globalisasi terhadap kehidupan bangsa dan negara 4. Bagaimana kekuatan dan kelemahan indonesia dalam menghadapi era globalisasi? 5. Bagaimana peran pendidikan kewarganegaraan dalam mengatasi pengaruh globalisasi terhadap nasionalisme bangsa? 6. Bagaimana implementasi nilai-nilai pancasila dalam menumbuhkan nasionalisme bangsa ? 1.3 Tujuan Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut : 1. Untuk mengetahui adanya pengaruh globalisasi terhadap sosial budaya. 2. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh globalisasi terhadap hankam. 3. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh globalisasi terhadap kehidupan bangsa dan negara. 4. Untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan indonesia dalam menghadapi era globalisasi. 5. Untuk mengetahui peran pendidikan kewarganegaraan dalam mengatasi pengaruh globalisasi terhadap nasionalisme bangsa. 6. Untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pancasila dalam menumbuhkan nasionalisme bangsa .

Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi