4 Jenis - jenis Bisnis

PENDAHULUAN

Seiring dengan berkembangnya peradaban manusia akan meningkat. Kegiatan perekonomian sejak lama sudah dijalankan, hal ini dapat dilihat dari sejarah peradaban manusia, dimana dimulai dengan barteng barang antar manusia. Kemudian berkembangnya pasar seiring dengan mata uang. Awalnya terbentuk pasar, hanyalah perdagangan barang pokok makanan, kemudian kebutuhan sandang dan terakhir kebutuhan tersier maka jadilah pasar seperti sekarang ini.

1. Bisnis yang berorientasi keuntungan (profit oriented)

Bisnis yang berorientasi keuntungan adalah bisnis yag didirikan semata-mata bertujuan memperoleh keuntungan untuk meningkatkan kesejahteraan pemilik dan karyawannya serta untuk mengembagkan usaha lebih lanjut..

2. Bisnis yang tidak berorientasi keuntungan (non-profit oriented)

Bisnis yang tidak berorientasi keuntungan adalah bisnis yang didirikan dengan tujuan utama untuk kepentingan sosial.

Contoh :

Yayasan social yatim piatu, yayasan social orang jompo, yayasan social penyandang cacat.

Bisnis bergerak dalam berbagai kegiatan, Namun berdasarkan jenis kegiatannya secara umum bisnis dapat dibedakan menjadi empat macam, yaitu :

1. Bisnis Ekstraktif

Bisnis ekstraktif adalah bisnis yang bergerak dalam penggalian barang-barang tambang. Contohnya : perusahaan pertambangan minyak, emas, batu grandiorit, batu kapur dan sejenisnya.

2. Bisnis Agraris

Bisnis agraris adalah bisnis yang bergerak dalam bidang pertanian, termasuk di dalamnya perikanan, peternakan , perkebunan, kehutanan, dan sejenisnya.

Contoh : perkebunan teh, tembakau, karet, peternakan sapi, ayam, tambak udang dan sejenisnya.

3. Bisnis Industri

Bisnis Industri adalah binis yang bergerak dalam bidang pengolahan(manufaktur) yaitu bisnis yang dengan tujuan untuk mengubah barang yang kurang berdaya guna menjadi lebih berdaya guna.

Contoh :pabrik sepeda motor, pakaian, baja, makanan, kerajinan rumah tangga, dan sejenisnya.

4. Bisnis Jasa

Bisnis Jasa adalah bisnis yang bergerak dalam penyediaan produk yang tidak berwujud, seperti jasa dalam bidang kesehatan, jasa bidang pendidikan, bidang konsultasi bisnis.

Contoh :Rumah sakit, kantor konsultan bisnis, biro perjalanan, lembaga pendidikan, dan sejenisnya.

Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi