Bauran Pemasaran Produk Jasa

1. Bauran pemasaran produk jasa

Bauran pemasaran untuk produk jasa lebih luas daripada bauran produk barang. Ada 3 (tiga) elemen dari bauran pemasaran produk jasa yaitu elemen orang (people), bukti fisik (physical evidence) dan proses jasa itu sendiri (process). Paparannya adalah sebagai berikut :

a. Orang adalah semua partisipan yang memainkan sebagian penyajian jasa, yaitu peran selama proses dan konsumsi jasa berlangsung dalam waktu ril jasa, oleh karenanya dapat mempengaruhi dapat mempengaruhi persepsi pembeli. Yang dimaksud dengan partisipan adalah staf perusahaan, konsumen dan konsumen lain dalam lingkungan jasa tersebut.

b. Bukti fisik

Adalah lingkungan fisik di mana jasa disampaikan dan dimana perusahaan dan konsumennya berinteraksi dan setiap komponen tangible memfasilitasi penampilan atau komunikasi jasa tersebut.

c. Proses jasa itu sendiri

Proses ini mencerminkan bagaimana semua elemen bauran pemasaran jasa dikoordinasikan untuk menjamin kualitas dan konsistensi jasa yang diberikan kepada konsumen.


A. Implikasi Pada SKB

Seberapa luas dan dalam aspek Pemasaran dalam SKB dilakukan , tergantung pada besar-kecil bisnis yang akan dianggap. Tetapi umumnya hasil studi uuntuk aspek pemasaran akan memberikan informasi perihal:

1. Bagaimana segmentasi, target dan posisi produk ditetapkan

2. Bagamana strategi bersaing ditentukan

3. Bagaimana program pemasaran dianalisis melalui bauran pemasaran

4. Perkiraan penjualan yang bisa dicapai perusahaan

5. Perkiraan market-share yang bisa dikuasai perusahaan.

Selain aspek Pemasaran, perlu dilakukan survei mengenai consumer behaviour untnuk mengetahui masalah-masalah :

1. Pengetahuan, kebutuhan dan keinginan terhadap produk. Kajian dapat dilakukan misalnya melalui model AIDA

2. Sikap, perilaku dan kepuasan terhadap produk pesaing saat ini.

Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi