Perkembangan Bisnis Jasa

1. Perkembangan Bisnis Jasa

Lingkungan bisnis jasa saat ini akan menghadirkan sejumlah implikasi penting terhadap perkembangan bisnis jasa ke depan, misalnya:

a. Akan terjadi inovasi jasa, misalnya seperti saat ini dengan munculnya belanja barang melalui internet.

b. Makin meningkatnya partisipasi konsumen terhadap jasa, misalnya bahwa konsumen mulai mencari-cari sendiri berita-berita yang dibutuhkan dan tersedia di internet

c. Makin meningkatnya kandungan jasa pada barang-barang seperti bauran aktivitas di tempat rekreasi.

2. Perbedaan Barang dan jasa

Jasa memiliki karakteristik dalam hal-hal: intangibilitas, keberagaman, simultanitas produksi dan konsumsi jasa, serta kerentanan. Sudah tentu, barang akan memiliki karakteristik yang berbeda terbalik.

C. MENGAPA MENGEMBANGKAN USAHA?

Mengembangkan suatu usaha merupakan jawaban dari analisis yang sifatnya strategis yang diputuskan oleh manajemen tingkat atas. Mengembangkan usaha caranya adalah bermacam-macam, misalnya:

a) membuat perusahaan baru, yang terkenal secara umum sebagai anak perusahaan, dimana produk baru yang akan dibuat berada dibawah perusahaan yang baru ini.

b) hanya membuat produk baru, tetapi tidak dengan membuat perusahaan baru.

D. MANFAAT STUDI KELAYAKAN BISNIS

Hasil dari suatu studi kelayakan bisnis adalah laporan tertulis. Laporan tertulis inilah yang dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu yang memerlukan laporan sebagai bahan masukan utama dalam rangka mengkaji ulang untuk turut serta menyetujui atau sebaliknya menolak kelayakan laporan tadi sesuai dengan kepentingannya. Pihak-pihak yang dimaksud disini adalah: investor,kreditor, manajemen perusahaan, pemerintah, masyarakat dan lain sebagainya.

E. TAHAPAN STUDI KELAYAKAN BISNIS

Ada beberapa tahapan studi yang hendaknya dikerjakan, yaitu:

1. Penemuan Ide

Dalam memilih ide ada 3 faktor yang perlu diperhatikan, yaitu: ide proyek cocok dengan kata hati, melibatkan diri dalam hal-hal yang bersifat teknis, keyakinan akan kemampuan proyek untuk menghasilkan laba.

2. Tahap Penelitian

Selanjutnya dilakukan penelitian yang lebih mendalam dengan memakai metode ilmiah mulai dari mengumpulkan data sampai menyimpulkan hasil laporan penelitian

3. Tahap Evaluasi

Hal yang dibandingkan dalam evaluasi bisnis adalah seluruh ongkos yang akan ditimbulkan oleh usulan bisnis serta manfaat atau benefit yang diprakirakan akan diperoleh.

4. Tahap Pengurutan Usulan yang Layak

Jika terdapat lebih dari satu usulan rencana bisnis yang dianggap layak dan terdapat keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki manajemen untuk merealisasikan semua rencana bisnis tersebut, misalnya keterbatasan dana, maka perlu dilakukan pemilihan rencana bisnis yang dianggap paling penting direalisasikan.

5. Tahap Rencana Pelaksanaan

Setelah rencana bisnis dipilih untuk direalisasikan, perlu dibuat rencana kerja pelaksanaan pembangunan proyek.

6. Tahap Pelaksanaan

Setelah semua persiapan yang harus dikerjakan selesai disiapkan, tahap berikutnya adalah merealisasikan pembangunan proyek tersebut. Kegiatan ini membutuhkan manajemen proyek.

F. ASPEK-ASPEK STUDI KELAYAKAN BISNIS

Aspek-aspek bisnis apa saja yang harus dikaji dalam rangka studi kelayakan bisnis yaitu:

1. Aspek Pasar

Analisis aspek pasar bertujuan antara lain untuk mengetahui berapa luas pasar, pertumbuhan permintaan, dan market share dari produk berrsangkutan

2. Aspek Internal Perusahaan

a. Aspek Pemasaran

Aspek ini bertanggung jawab dalam menentukan ciri-ciri pasar yang akan dipilih.

b. Aspek Teknis dan Teknologi

Studi aspek teknis dan teknologi akan mengungkapkan kebutuhan apa yang diperlukan dan bagaimana secara teknis proses produksi akan dilaksanakan.

c. Aspek Sumber Daya Manusia

Aspek ini membahas tentang peran SDM dalam pembangunan proyek bisnis dan peran mereka dalam operasional rutin bisnis setelah selesai dibangun.

d. Aspek Manajemen

Studi aspek manajemen dilaksanakan dalam 2 macam yaitu manajemen saat pembangunan proyek bisnis dan manajemen saat bisnis dioperasionalkan secara rutin.

e. Aspek Keuangan

Kegiatan pada aspek keuangan yaitu membahas tentang perhitungan perkiraan jumlah dana yang diperlukan untuk keperluan modal kerja awal dan untuk pengadaan harta tetap proyek.

f. Aspek Persaingan dan Lingkungan Eksternal Lainnya

g. Aspek Ekonomi, sosial, politik

Aspek ini membahasa bagaimana kondisi dan situasi ekonomi, sosial, dan politik di negara ini ketika kita sedang dan selesai membangun proyek.

h. Aspek Yuridis

Studi aspek yuridis berguna antara lain untuk kelangsungan hidup proyek serta untuk meyakinkan para kreditur dan investor bahwa proyek yang akan dibuat tidak menyimpang dari aturan yang berlaku.

i. Aspek Lingkungan hidup

Hendaknya suatu bisnis memperhatikan lingkungan hidup, baik untuk kehidupan manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan serta lingkungan alam lain.

G. HASIL STUDI KELAYAKAN BISNIS

Hasil studi kelayakan bisnis adalah berupa dokumentasi lengkap dalam bentuk tertulis. Dokumentasi ini memperlihatkan bagaimana rencana bisnis memiliki nilai-nilai positif bagi aspek-aspek yang diteliti, sehingga akan dinyatakan sebagai proyek bisnis yang layak.

H. ETIKA DALAM STUDI KELAYAKAN BISNIS

1. Etika Peneliti Pada Respon

Dalam melakukan pengumpulan data, lindungi hak-hak resonden, misalnya responden tidak akan merasa dirugikan baik secara fisik maupun mental.

2. Etika peneliti pada Klien

Dalam suatu studi kelayakan bisnis, pertimbangan-pertimbangan etis terhadap klien juga peru diperhatikan karena klien mempunyai hak atas penelitian yang dilaksanakan secara etis.

3. Etika Peneliti pada Asisten

Perilaku asisten berada di bawah pengawasan langsung peiliti, sehingga jika asisten berbuat curang maka yang bertanggung jawab adalah peneliti, sehingga semua asisten selain diberi pelatihan dan supervisi yang baik juga diberi bekal mental yang kuat untuk tidak melakukan tindakan penyelewengan.

4. Etika Klien

Jika klien menyuruh peneliti untuk mengubah data atau menghilangkan bagian-bagian dari hasil analisis data yang dianggap merugikannya dan sebagainya hendaknya jangan dituruti.

Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi