SEGMENTASI PASAR (Market Segmentation)
Segmentasi pasar artinya membagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin memerlukan produk atau marketing mix yang berbeda pula.variabel untuk melakukan segmentasi terdiri dari segmentasi pada konsumen dan segmentasi pasar industrial.berikut ini adalah variable utama untuk melakukan segmentasi pasar konsumen menurut Philip kotler,antara lain:
1. Segmentasi berdasarkan geografis terdiri dari:
a. Bangsa
b. Provinsi
c. Kabupaten,kecamatan dan
d. Iklim
2. Segmentasi berdasarkan demografis terdiri dari:
a. Umur
b. Jenis kelamin
c. Ukuran keluarga
d. Daur hidup keluarga,dll
3. Segmentasi berdasarkan psikografis terdiri dari:
a. Kelas sosial
b. Gaya hidup
c. Karakteristik kepribadian
4. Segmentasi berdasarkan perilaku terdiri dari:
a. Pengetahuan
b. Sikap
c. Kegunaan
d. Tanggap suatu produk.
Variable utama untuk melakukan segmentasi pasar industrial sebagai berikut:
1. Segmentasi berdasarkan demografis terdiri dari jenis industry,besar perusahaan.
2. Karakteristik pengoperasian terdiri dari teknologi yang difokuskan
3. Pendekatan pembeli terdiri dari organisasi berfungsi pembeli
4. Karakteristik personel industry terdiri dari kesamaan pembeli
5. Factor situasional terdiri dari urgensi
B. STRATEGI BAURAN PEMASARAN
Setelah strategi bersaing dan unsure segmentasi, target dan posisi pasar ditetapkan, maka selanjutnya perlu diselaraskan dengan kegiatan pemasaran lainnya seperti strategi bauran pemasaran.
Adapun strategi bauran pemasaran tersebut yaitu:
1. Strategi produk
Produk yaitu suatu yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.pengertian produk menurut Philip kotler adalah:
Suatu yang dapat ditawarkan kepasar untuk mendapatkan perhatian untuk dibeli,untuk digunkaan atau dikomsumsi yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan.
2. Strategi harga
Harga merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam kegiatan marketing mix. Harga adalahg sejumlah uang yang diserahkan dalam pertuykaran untuk mendapatkan suatu barang dan jasa.
3. Strategi lokasi dan distribusi
Kegiatan pemasaran yang ketiga adalah penentuan lokasi dan distribusi baik untuk kantor cabang,kantor pusat,pabrik dan gudang.
4. Strategi promosi
Promosi merupakan kegiatan marketing mix yang terakhir.kegiatan ini merupakan kegiatan yang sama penting dengan ketiga kegiatan atas,baik buruk lokasi.
Segmentasi pasar artinya membagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin memerlukan produk atau marketing mix yang berbeda pula.variabel untuk melakukan segmentasi terdiri dari segmentasi pada konsumen dan segmentasi pasar industrial.berikut ini adalah variable utama untuk melakukan segmentasi pasar konsumen menurut Philip kotler,antara lain:
1. Segmentasi berdasarkan geografis terdiri dari:
a. Bangsa
b. Provinsi
c. Kabupaten,kecamatan dan
d. Iklim
2. Segmentasi berdasarkan demografis terdiri dari:
a. Umur
b. Jenis kelamin
c. Ukuran keluarga
d. Daur hidup keluarga,dll
3. Segmentasi berdasarkan psikografis terdiri dari:
a. Kelas sosial
b. Gaya hidup
c. Karakteristik kepribadian
4. Segmentasi berdasarkan perilaku terdiri dari:
a. Pengetahuan
b. Sikap
c. Kegunaan
d. Tanggap suatu produk.
Variable utama untuk melakukan segmentasi pasar industrial sebagai berikut:
1. Segmentasi berdasarkan demografis terdiri dari jenis industry,besar perusahaan.
2. Karakteristik pengoperasian terdiri dari teknologi yang difokuskan
3. Pendekatan pembeli terdiri dari organisasi berfungsi pembeli
4. Karakteristik personel industry terdiri dari kesamaan pembeli
5. Factor situasional terdiri dari urgensi
B. STRATEGI BAURAN PEMASARAN
Setelah strategi bersaing dan unsure segmentasi, target dan posisi pasar ditetapkan, maka selanjutnya perlu diselaraskan dengan kegiatan pemasaran lainnya seperti strategi bauran pemasaran.
Adapun strategi bauran pemasaran tersebut yaitu:
1. Strategi produk
Produk yaitu suatu yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.pengertian produk menurut Philip kotler adalah:
Suatu yang dapat ditawarkan kepasar untuk mendapatkan perhatian untuk dibeli,untuk digunkaan atau dikomsumsi yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan.
2. Strategi harga
Harga merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam kegiatan marketing mix. Harga adalahg sejumlah uang yang diserahkan dalam pertuykaran untuk mendapatkan suatu barang dan jasa.
3. Strategi lokasi dan distribusi
Kegiatan pemasaran yang ketiga adalah penentuan lokasi dan distribusi baik untuk kantor cabang,kantor pusat,pabrik dan gudang.
4. Strategi promosi
Promosi merupakan kegiatan marketing mix yang terakhir.kegiatan ini merupakan kegiatan yang sama penting dengan ketiga kegiatan atas,baik buruk lokasi.
Post a Comment