SEJARAH SINGKAT TENTANG PT. WASKITA KARYA (PERSERO)









Development of World Class University




PT.Waskita Karya (Persero) membangun gedung kampus World Class University. Proyek yang terdiri atas 5 bangunan kampus ditambah 1 bangunan kantin ini akan dikerjakan PT. Waskita Karya selama 9 bulan. Meski waktu singkat, Insya Allah Waskita bisa menyelesaikannya tepat waktu yaitu pertengahan Juli 2012, demikian dikatakan Rudianto (Kepala Proyek), ketika diwawancarai oleh Redaksi Majalah Waskita pada hari rabu, 29 Februari 2012. Proyek dengan nilai kontrak Rp. 292 Milyar ini nantinya akan dijadikan Fakultas Rumpun Kesehatan Universitas Indonesia Depok.

PT. Waskita Karya (Persero)

PT.Waskita Karya adalah Perusahaan Negara (PN) yang lahir sejak Januari 1961, dari perusahaan asing bernama “Volker Aannemings Maatschppij N.V.”, yang dinasionalisir berdasarkan peraturan pemerintah No. 62/1961. Semula waskita banyak bergerak di bidang bangunan air, seperti pengerukan, pelabuhan dan irigrasi. Sejak 1973 status berubah menjadi “Persero” dan mulai mengembangkan berbagai jenis pekerjaan konstruksi. Seperti: Jalan, Jembatan, Pelabuhan, Bandara, Gedung, Pabrik dan lain-lain.

Tahun 1980-an Waskita mulai melaksanakan proyek-proyek berteknologi tinggi. Alih teknologi di kembangkan melalui kerjasama operasi maupun kerjasama usaha dengan kontraktor asing. Hasil karya yang patut dibanggakan antara lain: Bandara International SOEKARNO-HATTA, Pabrik Semen PADANG, Hotel Sahid, Reaktor serba guna SIWABESSY, Pelabuhan KUALA TANJUNG, dan PLTU Muara Karang di Jakarta.

Memasuki tahun 1990-an, beberapa proyek gedung bertingkat tinggi yang bergengsi telah diselesaikan di Jakarta, diantaranya: gedung BANK INDONESIA, GRAHA NIAGA, PURI BANK EXIM, WISMA KOTA BNI, dan HOTEL SANGRI-LA, serta sejumlah apartemen baik di Jakarta maupun di beberapa kota besar lainya di seluruh Indonesia.

Waskita berhasil mencatat prestasi khusus di bidang pembangunan jembatan, yaitu: jembatan RAJAMANDALA, RANTAU BERANGIN, dan BARELANG IV. Keberhasilan yang sama diraih di bidang pembangunan Bendungan dengan diselesaikanya pembangunan 5 buah bendungan dengan waktu yang lebih cepat dari rencana yaitu: bendungan PONDOK, GEROKGAK, TILONG, GAPIT dan SUMI.

Dalam rangka meningkatkan kinerja, Waskita menerapkan system manajemen keselamatan, kesehatan kerja, lingkungan dan mutu yang mengacu pada standart internasional yaitu OHSAS 18001:1999 (Occupational Health & Safety Assessment Series), ISOI4001:2004 (Environmental Management System) dan ISO 9001:2000 (Quality Management System) dan mendapatkan sertifikat ISO 901 pada tahun 1995 dan OHSAS 18001 pada tahun 2005 yang sekaligus merupakan bukti bahwa perusahaan dapat memahami dan memenuhi persyaratan keselamatan, kesehatan kerja, lingkungan dan mutu di dalam operasionalnya.

Memasuki millennium ketiga, dalam rangka menyongsong era globalisasi, perusahaan melakukan pembaharuan di segala bidang baik menyangkut visi, misi, strategi, system, struktur, bahkan budaya perusahaan. Dengan motto “Maju Dengan Karya Bermutu”, Waskita siap untuk menjadi badan usaha terkemuka di Asia Tenggara.

Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi