Gambaran Umum Kota MEDAN


Kota  MEDAN  yang   disebut  Sumut  adalah ibu kota Balige, Kota Medan merupakan pusat pertumbuhan berbagai sektor kehidupan dan pusat pelayanan kesehatan di Sumatera Utara. Karena pertumbuhan yang pesat di berbagai sektor serta letak geografisnya, sehingga  Kota  Medan  memegang  peranan  penting  dalam  hal sektor pelayanan termasuk pelayanan kesehatan  dengan ditunjang sumber daya manusia serta fasilitas pelayanan yang memadai, selain tentunya pelayanan di sektor pendidikan, ekonomi, sosial dan hukum .
Kota Medan mempunyai posisi strategis karena berada di persimpangan jalur lalu lintas dari arah selatan dan utara dalam propinsi di Sulawesi,   dari   wilayah   kawasan    Barat   ke   wilayah kawasan   Timur Indonesia dan dari wilayah utara ke wilayah selatan Indonesia. Dengan kata lain, wilayah kota Medan berada koordinat 3,35 derajat lintang utara dan 98,40 derajat bujur timur dengan ketinggian yang bervariasi antara 1-25  meter  dari  permukaan  laut. Secara  umum  kota  Makassar  memiliki perbatasan dengan daerah disekitarnya antara lain:
1. Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten deli serdang.

2. Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten belawan.

3. Sebelah Selatan berbatasan dengan binjai

4. Sebelah Barat berbatasan dengan kabupaten langkat


Luas   wilayah   Kota    Medan   seluruhnya   berjumlah   kurang lebih 175,77 Km2  daratan dan termasuk 11 pulau di  ditambah luas  wilayah  perairan  kurang  lebih  100  Km².     W ilayah Kota   Medan  terbagi  atas  14  kecamatan  yang  meliputi  143 kelurahan.
Dari gambaran selintas mengenai lokasi dan kondisi geografis Medan   memberi   penjelasan   bahwa   secara   geografis   Kota Medan memang sangat strategis dilihat dari beberapa sisi kepentingan seperti ekonomi sosial maupun politik. Dan dengan hal itu maka Kota Medan menjadi pusat dan pelayanan berbagai sektor kehidupan masyarakat di kawasan Timur Indonesia termasuk dalam hal pelayanan kesehatan.
Jumlah penduduk Kota Medan menurut hasil sensus penduduk yang diadakan pada tahun 2014 tercatat sekitar 1.423.540 jiwa. Dimana pada siang hari mencapai hampir 1.600.000 jiwa yang diakibatkan oleh besarnya mobilitas penduduk masuk kota setiap harinya (Sumber Data: BPS Kota Medan 2014)


Berdasarkan  pemaparan  singkat  diatas  mengenai  gambaran umum Kota Makassar yang merupakan kota strategis di Indonesia bagian timur dengan jumlah penduduk yang cukup banyak serta mobilitas yang tinggi dan perkembangan perekonomian serta pembangunan di bebagai bidang yang lagi berkembang sehingga pelayanan dalam dunia kesehatan memiliki  peranan  yang  sangat penting dimasa yang akan datang demi peningkatan kesejahteraan masyarakat  di  Kota  Medan  khususnya  dan kawasan Indonesia timur umumnya.

Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi