Infeksi kulit akibat Bakteri


1.    Selulitis
DEFINISISelulitis adalah suatu penyebaran infeksi bakteri ke dalam kulit dan jaringan di bawah kulit.Infeksi dapat segera menyebar dan dapat masuk ke dalam pembuluh getah beningdan aliran darah. Jika hal ini terjadi, infeksi bisa menyebar ke seluruh tubuh.PENYEBABSelulitis bisa disebabkan oleh berbagai jenis bakteri yang berbeda, yang palingsering adalah Streptococcus.Staphylococcus juga bisa menyebabkan selulitis, tetapi biasanya terbatas didaerah yang lebih sempit.Selulitis paling sering menyerang wajah dan tungkai bagian bawah.
Akibat dari infeksi Bakteri antara lain seperti :
    Kemerahan
    nyeri tekan
     panas, bengkak, dan tampak seperti kulit jeruk yang mengelupas(peau d'orange).
    Demam, menggigil, dan sakit kepala (pada kasus-kasus tertentu)
    Peningkatan denyut jantung
    Tekanan darah menurun
    pemeriksan fisik akan ditemukan daerah pembengkakan yangterlokalisir (edema), kadang ditemukan pembengkakan kelenjar getah bening.
Pengobatan Untuk selulitis yang disebabkan oleh streptokokus biasanya diberikan penisilin per-oral (melalui mulut). Pada kasus yang berat, penisilin bisa diberikan secaraintravena (melalui pembuluh darah), dan bisa ditambahkan klindamisin.Jika penderita alergi terhadap penisilin bisa diganti dengan eritromisin untuk kasus yang ringan atau klindamisisn untuk kasus yang berat.Selulitis yang disebabkan oleh stafilokokus bisa diobati dengan dikloksasilin.Untuk kasus yang berat bisa diberikan oksasilin atau nafsilin.Gejala-gejala selulitis biasanya menghilang beberapa hari setelah pemberianantibiiotik.Kepada penderita selulitis berulang bisa diberikan suntikan penisilin setiap bulanatau penisilin per-oral (melalui mulut) selama 1 minggu setiap bulan.

2.  Impetigo
Definisi impetigo adalah infeksi kulit yang menyebabkan terbentuknya lepuhan-lepuhankecil berisi nanah (pustula).
Penyebab Impetigo merupakan infeksi bakteri pada kulit yang paling sering ditemukan.Infeksi ini disebabkan oleh Streptococcus dan Staphylococcus, dan berpindah darimanusia ke manusia melalui kontak, terutama antara anak-anak.
Infeksi akibat Impetigo antara lain seperti :
    Luka merah yang dengan cepat pecah, cairan selama beberapa haridan kemudian membentuk kerak berwarna cokelat kekuningan.
    Gatal
    Kulit melepuh berisi cairan.
    Dalam bentuk yang lebih serius, menyakitkan cairan atau nanah penuh luka yang berubah menjadi borok dalam.
Pengobatannya dengan antibotik topikal (polimisin, neomisin, basitrasin) dan antiseptik (betadine) dapatdipakai. Mupirosin (bactroban) salep dioleskan tiga kali sehari merupakan obattopikal yang peling efektif. Penisilin oral atau eritomisin merupakan indikasi

Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi