Latar Belakang Filsafat

1.1  Latar Belakang

Dalam kajian filsafat, kita mengenal beberapa aliran filsafat pendidikan, dimana antara satu dan yang lainnya memiliki tipologi masing-masing. Benturan antar aliran akan banyak ditemui, terutama setelah satu pandangan dengan pandangan lain bertemu pada satu terra besar yang menjadi inti dari masing­-masing aliran itu.

Secara sederhana, semua aliran merupakan bentuk pertentangan dari cara pandang yang telah berlaku secara menyeluruh, untuk kemudian ditemukan formula baru dalam memandang. Pola, komunikasi yang semacam inilah yang membuat filsafat sampai kini masih selalu menarik untuk bahan kajian yang diminati banyak orang. Yang menarik dari semua itu adalah bahwa dari berbagai tokoh-tokoh tertentu yang menggunakan cara pandang tersebut sebagai pilau analisis, tetapi hampir berlaku secara menyeluruh dalam kehidupan sosial.

Dalam filsafat pendidikan banyak sekali aliran-aliran, seperti aliran Perenialisme, progrestivisme, esensialisme, eksistensialisme, idealisme, dan rekontruksisme. Dalam aliran-aliran yang telah disebutkan diatas masing-masing mempunyai keunggulan dan kelemahan. Akan tetapi yang dibahas dalam makalah ini akan membahas tentang "konsep aliran pragmatisme, eksistensialisme, dan progresivisme terhadap tujuan pendidikan".

1.2  Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan yang akan dibahas adalah sebagai berikut :

1.      Apa yang dimaksud dari aliran filsafat pendidikan pragmatisme, eksistensialisme, dan progresivisme?

2.      Bagaimana implikasi aliran filsafat pendidikan pragmatisme, eksistensialisme, dan progresivisme dan implikasinya terhadap tujuan pendidikan?

3.      Apa perbedaan dari ketiga aliran filsafat pendidikan tersebut?


1.3  Tujuan

Berdasarkan rumusan masalah diatas, makalah ini bertujuan:

1.      Mengetahui apa yang dimaksud dengan aliran filsafat pendidikan pragmatisme, eksistensialisme, dan progresivisme.

2.      Mengetahui bagaimana implikasi aliran filsafat pendidikan pragmatisme, eksistensialisme, dan progresivisme serta implikasinya terhadap tujuan pendidikan.

3.      Mengetahui perbedaan dari ketiga aliran filsafat pendidikan tersebut.

Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi