KARAKTERISTIK USAHA HOTEL

Tujuan dari setiap usaha perhotelan adalah mencari keuntungan dengan menyewakan fasilitas atau menjual pelayanan kepada para tamunya,dan berdasarkan pada pengertian hotel yang sudah dijelaskan sebelumnya ,maka hotel dalam menjalankan usahanya selalu melakukan kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
a.    Penyewaan kamar
b.    Penjualan makanan dan minuman
c.    Penyediaan pelayanan-pelayanan penunjang lain yang bersifat komersial.

A.    Penyewaan kamar
Kegiatan utama dari suatu usaha hotel adalah menyewakan kamar kepada tamu.Untuk bisa memberikan kepuasan kepada tamu,keadaan kamar yang disewakan harus berada dalam keadaan bersih,nyaman,menarik, dan aman(terbebas dari berbagai kemungkinan terjadinya kecelakaan,pencurian,dan penyakit).

Jenis dan fasilitas standar kamar tamu:
Jenis-jenis kamar hotel pada dasarnya bisa dibedakan atas:
    Single Room: Kamar untuk satu orang yang diselenggarakan dengan 1 buah tempat tidur berukuran single untuk 1 orang.
    Twin Room :Kamar untuk 2 orang yang dilengkapi dengan dua buah tempat tidur masing-masing berukuran single
    Double Room :Kamar yang dilengkapi dengan 1 buah tempat tidur berukuran Double(untuk dua orang)
    Double-double :Kamar untuk empat orang yang dilengkapi dengan 2 kamar tamu dan dengan tempat tidur berukuran double (untuk dua orang)

Faslitas standar yang terdapat dikamar tamu:
    Kamar mandi private(bath room)
    Tempat tidur(jumlah dan ukurannya sesuai dengan jenis)
    Ruang tidur
    Lemari pakaian(cupboard)
    Telepon
    Radio dan televise
    Meja rias dan tulis(dressing table)
    Rak untuk menyimpan koper(luggage rack)
    Asbak,Korek api,Handuk,alat tulis (ststionaries)
    Sabun mandi,sikat gigi(Aminities)



Hotel juga memiliki jenis-jenis kamar yaitu:
    Standar Room
    Superior
    Deluxe
    Moderate
    Suite
    Executive Suite room
    Penhouse
Dari jenis-jenis kamar di atas,berbeda dari segi harga dan fasilitasnya karena harga kamar selalu terkait dengan kelengkapan fasilitas kamar,makin lengkap fasilitas kamar makin hahal pulak harganya.dan dari jenis-jenis kamar tersebut menurut fasilitasnya kamar standar adalah kamar yang termurah harganya.

Struktur Organisasi
Stuktur Organisasi adalah gambaran tentang jenjang dan alur kepemimpinan serta menunjukkan hubungan wewenang dan tanggung jawab dari setiap unit kerja dalam suatu organisasi.
Berikut ini jabatan-jabatan yang umumnya terdapat di Hotel:
1.    General Manager
General Manager adalah puncak pimpinan dari sebuah organisasi hotel.ia bertanggung jawab atas keseluruhan penyelenggaraan hotel dan seluruh kinerja karyawannya.
2.    Assistant General Manager atau Executive Assistant Manager
Assistant General Manager atau Executive Assistant Manager adalah wakil General Manager.Jabatan ini biasanya ada di hotel-hotel besar dimana General Manager perlu dibantu dan didukung oleh Assistant General Manager.Penanganan tugas-tugas yang telah dirumuskan dan diarahkan oleh General Manager dilaksanakan dan dikomunikasikan kepada Assistant General Manager.selanjutnya,Assistant General Manager akan meneruskannya kepada Demartmen Head.
3.    Controller
Controller adalah akuntan internal hotel.Controller bertanggung jawab atas efektifitas pengelolaan administrasi dan penyajian data keuangan yang disusun setiap hari.ia akan dimintai pendapat dan pandangannya dalam hal keuangan hotel.
4.    Plant Engineer
Plant Engineer adalah pejabat yang bertanggung jawab atas pemeliharaan,pengelolaan dan perbaikan seluruh aset yang meliputi :Gedung,Hotel,perlengkapan mekanik dan elektronik dan Energi hotel.Pengelolaan listrik,gas,dan air adalah tanggung jawab plant Enggineer.




5.    Executive Housekeeper
Adalah pemimpin departemen yang memiliki kemampuan perencanaan,mengorganisasi dan mengevaluasi pekerjaan dibidang housekeeping.Ia bertanggung jawab atas kebersihan kamar-kamar tamu dan area umum yang dimiliki hotel.
6.    Human Resources Development Manager
Adalah pejabat yang bertugas mengelola sumber daya manusia untuk keberhasilan hotel.HRD Manager harus menguasai hukum dan perundang-undangan yang berkaitan dengan ketenagakerjaan,baik lokal,nasional,maupun internasional.Ia bertugas menerima dan mengangkat pegawai baru,menyelenggarakan semua administrasi kepegawaian dan kegiatan karyawan,serta mengadakan pelatihan terhadap karyawan.
7.    Front Office Manager
Adalah pejabat hotel yang bertanggung jawab atas pengelolaan kantor depan.

Kualitas pelayanan dan harapan-harapan tamu
Kepuasan dapat diartikan sebagai suatu keadaan dalam diri seseorang,dimana dia telh berhasil mendapatkan suatu yang menjadi suatu kebutuhan dan keinginannya.contoh kebutuhan yang lazim,yaitu:

a.    Kebutuhan untuk disambut baik
b.    Kebutuhan pelayanan yang tepat waktu
c.    Kebutuhan untuk merasa nyaman
d.    Kebutuhan akan pelayanan yang rapi
e.    Kebutuhan untuk dimengerti
f.    Kebutuhan untuk mendapat pertolongan
g.    Kebutuhan untuk merasa penting
h.    Kebutuhan untuk dihargai
i.    Kebutuhan untuk diakui atau diingat
j.    Kebutuhan akan respek

Post a Comment

Artikel Terkait Tips Motivasi